DIY Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 18 April 2019 / 13:43 WIB

Kartinian MIN 1 Yogya Asah Skill Anak

YOGYA, KRJOGJA.com- Tak sekadar  memperingati saja, tetapi Hari Kartini di MIN 1 Yogyakarta juga jadi ajang mengasah skill anak sejak dini. Hal itu dapat dilihat dengan banyaknya kegiatan menarik namun sangat edukatif di madrasah setempat, Kamis (18/04/2019).

Seperti lomba fashion show, Dimas Diajeng, vokal, pidato bahasa Jawa, membaca puisi dan karangan bebas adalah media untuk melatih kepercayaan diri anak. Sedangkan 'market day' bagi siswa kelas 4 dan 5 untuk melatih jiwa wirausaha serta tanggung jawab dan kejujuran.

"Pada market day ini anak membawa olahan makanan yang dimasak dirumah bersama orangtuanya. Tentu semua jenis makanannya harus halal dan sehat. Namun terpenting, kami ingin mengajarkan jiwa wirausaha pada anak sejak kecil," terang Kepala MIN 1 Yogyakarta Ali Sofha SAg.

Sebelum kegiatan lomba, anak-anak dan seluruh guru dengan pakaian adat mengikuti jalan sehat ceria mengelilingi madrasah sejauh 1,5 km. Tentu tujuannya agar anak jadi sehat dan hidup ceria. Dari semua kegiatan itu, harapannya anak punya kesan dan pengalaman tersendiri yang akan diingat seumur hidupnya.

"Kami ingin anak punya pengalaman tersendiri saat ikut kegiatan ini. Tentunya jika anak ikut lomba di luar misalnya fashion show, maka mereka sudah punya bekal pengalaman dan rasa kepercayaan diri yang tinggi," tandas Ali seraya menambahkan semua kegiatan untuk meneladani nilai-nilai emansipasi RA Kartini agar bisa diterapkan di masa kini. (Adk)