DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 18 April 2019 / 00:17 WIB

Motif Pembakaran Surat Suara di Karangmojo Masih Diselidiki

YOGYA, KRJOGJA.com - Komisioner Bawaslu DIY Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Sri Rahayu Werdiningsih mengatakan pihaknya telah mendapat pelaku atas pembakaran dan merobek kertas surat suara di Tempat Pemilihan Suara (TPS) 9 Jaranmati 2, Gunung Kidul.

Salah satu calon pemilih yang diketahui bernama Mah, beralamatkan di Dusun Jaranmati 2, RT 01 RW 06 Desa Karangmojo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul, pada saat menyoblos di TPS 09, Rabu (17/4) melakukan pembakaran dan merobek kertas surat suara.

"Kejadian sekitar pukul 12.00 WIB. Saat pelaku masuk ke dalam bilik suara, tapi sebelumnya pelaku pada saat akan melakukan datang ke TPS tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan sama sekali. Tiba-tiba surat suara dibakar pelaku," kata Sri Rahayu Werdiningsih saat jumpa media di kantor Bawaslu DIY, Rabu (17/4) sore.

Lebih lanjut, setelah surat suara terbakar, pelaku juga merobek surat suara DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Sedangkan surat suara DPD masih utuh.

"Jadi yang dibakar 1 surat suara 3 disobek, sisa satu yaitu surat suara DPD," tambahnya.

Sri Rahayu Werdiningsih menambahkan peristiwa tersebut diketahui oleh anggota KPPS atas nama Wisnu Saputra yang segera memanggil Linmas, untuk segera memadamkan api.

"Mengetahui hal tersebut, petugas keamanan langsung mengamankan pelaku. Untuk motifnya, sampai saat ini diselidiki," tutup Sri Rahayu Werdiningsih. (Ive)