DIY Editor : Agus Sigit Rabu, 17 April 2019 / 21:17 WIB

Keren! di TPS Ini KPPS Berkostum Wayang dan Pawai Ajak 'Nyoblos'

YOGYA, KRJOGJA.com – Suasana berbeda tampak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 13 Kampung Ponggalan RW 7 Giwangan Umbulharjo. Seluruh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tersebut terlihat kompak mengenakan kostum wayang orang lengkap dengan aksesoris dan perlengkapannya.

Ketua KPPS TPS 13, Sadiman mengungkapkan, pihaknya memang sengaja menyewa kostum wayang orang untuk menyambut perhelatan pemilu 2019. Hal ini dilakukannya sekaligus untuk mengenalkan serta mengingatkan budaya lokal kepada generasi muda.

“Selain untuk menarik simpati masyarakat, kostum wayang ini juga sekaligus untuk mengingatkan generasi muda agar mereka tetap peduli dan senantiasa melestarikan budayanya,” tutur Sadiman kepada KRjogja.com, Rabu (17/04/2019) siang.

Sebelum proses pemungutan suara dimulai, petugas KPPS TPS 13 sendiri lebih dahulu pawai mengelilingi kampung. Mengenakan iringan drumband mereka berjoget dan bernyanyi untuk menarik antusiasme masyarakat serta mengajaknya mencoblos di TPS.

Tedy Kosasih (31), warga RW 07 itu menyanjung tinggi semangat para petugas KPPS. Menurutnya, penggunaan kostum wayang  mampu membuat warga semakin senang dan tidak tegang saat melakukan pencoblosan.

“Sangat bagus, warga jadi senang dan enggak kelihatan 'spaneng'. Apalagi tadi juga keliling kampung pakai drumband ngajak masyarakat biar enggak golput,” ujarnya usai memberikan suara dalam Pemilu 2019. (KRA-01)