DIY Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 17 April 2019 / 16:23 WIB

161 Hak Pemilih di RS Sardjito Terancam Tidak Memilih

SLEMAN.KRJOGJA.com -  Ada 161 pemilih yang sudah mendaftar di RS Sardjito dalam pemilu serentak 2019 terancam tidak dapat menggunakan hak suaranya. Lantaran Surat Suara yang disediakan oleh KPU Kabupaten Sleman sudah habis. Namun kabarnya pihak KPU setempat akan mengusahakan bagi pemilih yang sudah mendaftar.

Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) bagi meraka yang  yang sakit dan mereka yang mendampingi tetap mendapatkan hak pilih. Dikabarkan sejak Rabu siang tadi, pemilih yang sebumnya sudah mendaftarkan ke RS Sardjito tidak dapat melakukan pencoblosan lantaran surat suara yang disediakan habis. Dari data yang diperoleh, kiranya ada 161 pasien beserta para pendamping yang belum juga mencoblos.

Setelah mengetahui hal tersebut, Maka KPU kabupaten Sleman mengeluarkan surat edaran nomer 326/Pl.02.06.SD/3404/KPU-kap-VI-2019 tentang perpindahan surat suara antar kecamatan. 

"Kami sedang mengusahakan bagi mereka yang ingin menggunakan hak pilih. Akan tetapi kami tidak bisa menjanjikan ketepatan surat suara yang bisa datang kesini karena perpindahnya sangat kompleks harus ada berita acara di dampingi pihak keamanan terus kemudian ada hal yang harus diperhatikan juga," Kata Edi Maulana anggota PPK Mlati KPU Sleman ketika memberikan keterangan kepada para wartawan dan beberapa pasien.

" Maka kami hanya bisa menjanjikan saat ini yang sudah terdaftar ini akan kami layani," lanjutnya.

Menurut keterangan, pemilih yang sudah ada terdaftar di pihak rumah sakit Sardjito akan dilayani selama surat suara yang masuk ke pihaknya masih tersedia. Apabila surat suara sudah habis pihaknya akan menghentikan di pasien terakhir.

Maulana menjelaskan karena waktu penghitungan suara sudah tiba, khusus pasien RSUP Dr Sardjito akan diberi kesempatan mendaftar kuota surat suara mulai pukul 13.00 WIB. " Sampai saat ini kami masih berusaha keras mengumpulkan sisa surat suara, apabila hingga pukul 15.00 WIB surat suara belum tersedia nanti akan kami infokan lagi," kata Maulana.

Pihaknya juga belum tahu pasti berapa banyaknya surat suara yang didapat dari TPS-TPS sekitar. Menurutnya TPS disekitar seperti TPS 88, 90 dan 91 untuk suara pilpres sudah habis. (Ive)