Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 17 April 2019 / 13:34 WIB

Ribuan Relawan Purworejo Siaga Hadapi Bencana

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sekitar 2.300 personel relawan yang tergabung dari berbagai organisasi relawan di Kabupaten Purworejo siaga menghadapi berbagai ancaman bencana alam. Mereka menyatakan diri siap diterjunkan di berbagai medan bencana untuk membantu korban.

“Mereka secara suka rela menggabungkan diri bersama kelompok relawan, bahkan ada yang mandiri, namun ketika di lapangan mampu bergabung dengan relawan lainnya,” kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Drs Sutrisno MSi, Selasa (16/04/2019).

Pada temu relawan dengan Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM beserta jajarannya, dalam rangka pemantapan kesiapsiagaan bencana di pendapa rumah dinas bupati setempat Sutrisno menanggapi keiklasan para relawan dengan akan memberikan berbagai pelatihan. Mengingat peran dan tugas mereka sangat penting, karena Purworejo merupakan daerah yang berpotensi tinggi terhadap terjadinya bencana alam.

“Mereka selama ini terbentuk karena kepedulian mereka sendiri,” jelasanya.

Dijelaskan, saat ini di Purworejo tercatat ada sekitar 2.300 personil relawan yang tergabung dari berbagai organisasi.  Mereka sewaktu-waktu siap diperbantukan dalam berbagai medan bencana alam. “Hanya saja dari jumlah itu tidak semua memiliki kemampuan medan secara memadai,” tandasnya.

Maka BPBD akan memberdayakan mereka, termasuk dalam kemampuan menjaga keselamatannya sendiri, BPBD dalam waktu dekat akan menggelar jambore relawan, dimana salah satu kegiatannya berupa pelatihan kebencanaan. (Nar)