DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 17 April 2019 / 11:30 WIB

Nyoblos di TPS 123 Kentungan, Amien Sebut Prabowo Akan Rangkul Semua

SLEMAN, KRJOGJA.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais ikut menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 123 yang menempati sebuah warung makan soto ayam, di  Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, pada Rabu (17/04/2019).  

Amien datang sekitar pukul 07.45 WIB dengan setelan koko berwarna putih lengan panjang, dan berkopiah hitam. Amien ikut mengantre seperti warga lain, hingga namanya dipanggil. Di TPS yang sama, hadir pula dua putrinya, yaitu Hanum Rais dan Tasnim Rais bersama suami masing-masing. 

Amien Rais cukup lama ketika mencoblos di biliksuara, ia terlihat membolak-balikan satu lembar surat suara. Meski demikian Amien akhirnya menyelesaikan kegiatannya mencoblos surat suara dengan waktu cukup singat. 

Ketika bertemu awak media Amien meminta kepada masyarakat agar memfoto C1 di TPS setelah beres penghitungan suara. Ia beralasan ini sebagai upaya untuk menghindari kecurangan dalam penghitungan suara. 

“Imbauan saya untuk semua saja anak bangsa itu, begitu selesai nanti, C1 itu diamankan lewat HP kita,” kata Amien.  

Hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi perbedaan hasil penghitungan suara di TPS dan di tingkatan lainnya. Jika terjadi perbedaan, bukti lembar C1 tadi dapat dijadikan bukti untuk pengecekan kembali.

“Karena hulunyakan TPS. Hilir paling akhir KPU nasional nanti. Jadi kalau hulunya aman, ya sudah,” tuturnya. 

Amien juga berbicara tentang susunan pemerintahan Prabowo-Sandi untuk lima tahun mendatang.Amien menyebut Prabowo bakal merangkul seluruh lapisan anak bangsa yang berkompeten untuk membantu pemerintahannya. Amien pun menepis anggapan bahwa Prabowo tidak akan merangkul kubu dari paslon Jokowi-Ma'ruf Amin. 

"Prabowo sudah mengatakan 'Pak Amien kalau misalnya Allah takdirkan saya menang, itu pertama akan dilakukan adalah merangkul seluruh kekuatan bangsa'. Tidak ada ini golonganku, kelompokku, itu dulu lawanku, itu tidak ada, saya itu yakin. Itu ajaran dia dari bapaknya, dari sapta marga, dari sumpah prajurit, saya kira itu," jelas Amien.

Amien pun meminta masyarakat tidak percaya dengan informasi yang beredar bahwa Prabowo-Sandi sudah memilih nama-nama yang akan duduk di kursi kabinet.

"Kedua, jangan pernah percaya sudah disusun nama-nama menteri, itu pekok dan gombal, dan hoaks. Mana mungkin belum apa-apa sudah susun menteri," sebutnya.(RizkiOktavian)