DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 17 April 2019 / 11:10 WIB

Wow.. Ada Koboi 'Berkeliaran' di TPS 63 Depok

SLEMAN, KRJOGJA.com - Tak ingin ketinggalan menyemarakan pesta demokrasi, Tempat Pemilihan Suara (TPS) 63 di Caturtunggal, Depok, Sleman ini menggunakan atribut Koboi untuk menarik minat para warga. Pasalnya konsep tersebut diambil dari negara Mexico yang terkenal dengan topi koboinya. 

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 63 berani tampil beda karena semua panitianya menggunakan baju dan topi bak anggota koboi dari Mexico.

"Sebagai panitia, Kami juga ingin menyuarakan demokrasi salah satunya dengan atribut seperti ini, ala-ala koboi," kata Supramana ketua panita TPS 63 kepada KRJOGJA.com, Rabu (17/04/19).

Ia juga menambahkan, selain ikut memeriahkan hajat besar tersebut, pihaknya juga mengusung tema kobai lantaran tidak ingin berpihak dengan satu budaya di Indonesia saja. "Misalnya, inikan konsep dari Mexico, dari luar negeri, kenapa? Karena kita ingin netral," tambahnya.

"Makanya kita ambil pedoman dari gaya koboi Mexico supaya beragam," lanjut anggota TPS 63 Dwi Herwanto. 

Pihaknya juga menceritakan, jika pada tahun 2014 sebelumnya, TPS tersebut juga tidak ketinggalan menjadi salah satu yang beda dengan TPS lain. Yaitu mengusung konsep budaya Jawa. Menurutnya adat Jawa pasti sudah banyak digunakan pihak lain sehingga pada tahun ini mereka tidak ingin ada kesamaan. Kesepakatan yang didapat atribut yang para panitia gunakan selain simpel mereka juga tidak menggunakan dana panitia alias uang masing-masing. 

"Cari konsep yang unik tapi tidak ribet dan mudah dicari," ucapnya.

Dengan konsep koboi ini, pihaknya juga banyak menuai perhatian para pemilih yang akan mencoblos di TPS tersebut.

"Unik yah ala-ala koboi gitu panitianya," tutur Agus salah pemilih. (Ive)