DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 17 April 2019 / 12:10 WIB

Pensiunan UNY dapat Periksa Kesehatan Gratis Sebelum Nyoblos

SLEMAN, KRJOGJA.com - Datang ke TPS dan ikut serta dalam rangkaian panjang pesta demokrasi, membutuhkan kondisi kesehatan prima. Hal inilah yang disebut Ketua Ikatan Keluarga Pensiunan (Ikapen) UNY Ekram Prawiroputro, sebagai alasan pihaknya menggelar penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis pada Selasa (16/04/2019). Satu hari sebelum agenda pemilihan umum.

Acara tersebut digelar di Auditorium UNY dan diikuti oleh 90 pensiunan UNY. Setiap tahun sebut Ekram, acara ini digelar rutin oleh UPT Layanan Kesehatan UNY. Dan tahun ini dirasakan makin penting karena bertepatan dengan agenda Pemilu 2019 dan rangkaian Dies Natalis UNY. ke-55.

"Ini agenda rutin UNY, dan momentumnya adalah Pemilu dan Dies Natalis. Kami terimakasih atas perhatian Rektor dan UPT Layanan Kesehatan, dan dengan pengecekan ini kita bisa pastikan kesehatan prima untuk ikut datang ke TPS," ungkap Ekram.

Dalam rangkaian pemeriksaan kesehatan tersebut, fasilitas cek kesehatan yang diperoleh para pensiunan UNY diantaranya pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat serta cek tekanan darah. Sedangkan penyuluhan kesehatan dibentuk dalam konsep sarasehan dengan tema ‘Strategi Pengelolaan Penyakit Degeneratif’.

Atas materi tersebut, Kepala Biro UPK UNY Dr. Sukirdjo mengharapkan agenda ini juga dapat menjadi forum silaturahim dan muhasabah kesehatan para pensiunan. Menurutnya kesehatan penting dijaga dan kegiatan ini diharapkan meningkatkan kesehatan warga pensiunan.

"Termasuk kesehatan lahir batin. Dengan silaturahim kita menjalin Ukhuwah Islamiyah," pungkas Sukirdjo.(Ilham)