DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 17 April 2019 / 09:10 WIB

Pemilu Damai, Sultan Yakin Yogya Tanpa 'People Power'

YOGYA, KRJOGJA.com - Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyampaikan keyakinan tidak akan ada people power di DIY karena ketidakpercayaan pada hasil pemilu 2019. Sultan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilih yang bisa dilakukan hingga Rabu (17/4/2019) siang hari nanti. 

Kepada wartawan usai mencoblos di TPS 15 Panembahan Kraton, Sultan mengaku yakin keikutsertaan masyarakat mencapai 80 persen yang mana melebihi target KPU. Menurut dia, hal tersebut membuat slogan people power yang disampaikan salah satu tokoh tak akan terjadi di DIY. 

“(Kalau pemilu berlangsung) jujur dan adil kan nggak ada alasan untuk mengatakan (pemilu) 'tidak sah'. Nggak lah. Ya saya kira nggak perlu lah (people power),” ungkap Sultan. 

Sultan juga menyampaikan harapan pada tokoh yang mengemukakan seruan people power tersebut agar tak lagi melakukannya. Ia menilai apa yang diungkapkan tidaklah etis dalam momentum pemilu 2019. 

“Kita sebagai pejabat, bekas pejabat atau apapun tidak perlu menyampaikan-ngajari begitu. (Tidak perlu mengajari) sesuatu yang menumbuhkan gejolak, nggak sewajarnya,” sambung Sultan. (Fxh)