DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 17 April 2019 / 08:58 WIB

Gunakan Hak Pilih, Sultan Sempat Kesulitan di Bilik Suara

YOGYA, KRJOGJA.com - Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Yogyakarta menggunakan hak pilih di TPS 15 Ndalem Cokronegaran Kelurahan Panembahan Kecamatan Kraton Rabu (17/4/2019). Sultan mengaku sempat kesulitan dan membutuhkan waktu lama hingga 10 menit di bilik suara. 

Sultan bersama GKR Hemas dan keluarga tiba di TPS sekitar pukul 7.30 WIB melalui Regol Magangan menuju Ndalem Cokronegaran. Sultan dan Hemas tampak seragam mengenakan batik berwarna merah muda. 

Para putri dan menantu tampak mengenakan busana lebih santai termasuk sang cucu yang mengenakan kaos berwarna pink. Hanya GKR Mangkubumi dan KPH Wironegoro suaminya yang tak terlihat karena lokasi TPS berbeda sesuai kediaman. 

Sultan tercatat sebagai pemilih nomor 91 di TPS 15 Kecamatan Kraton Kelurahan Panembahan. Tim KPPS di TPS 15 ini juga mengenakan surjan lengkap bermotif bunga-bunga mengingat lokasi yang masih berada di kawasan Kraton Yogyakarta. 

Butuh waktu lebih dari 10 menit bagi Sultan berada di bilik untuk mencoblos. “Kertasnya panjang, padahal tempatnya terbatas, agak susah tadi, ada lima kertas tadi waktunya lebih lama,” ungkap Sultan pada wartawan usai mencoblos. 

Sultan sempat mengaku kesulitan memilih terutama untuk DPR RI, DPRD DIY dan DPRD Kota Yogyakarta karena banyaknya nama dan tanpa foto. “Orang kan cenderung lebih mudah mengingat wajah daripada nama, kalau saya lebih baik foto saja daripada hanya nama karena akan lebih diingat,” sambungnya. 

Orang nomor satu di DIY ini juga sempat menyampaikan harapan agar nantinya siapapun yang kalah bisa menerima dengan ikhlas. “Saya kira itu biasa kalah dan menang, ya yang kalah harapannya bisa ikhlas dan legowo lah,” pungkasnya. (Fxh)