Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 17 April 2019 / 13:10 WIB

Siswa SMP di Solo Laksanakan UNBK Selama Empat Hari

SOLO, KRJOGJA.com – Seluruh sekolah menengah pertama (SMP) di Solo baik negeri maupun swasta akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Sedikitnya ada 81 SMP dengan jumlah siswa sebanyak 11.525 yang akan mengikuti UNBK. UNBK akan digelar selama empat hari mulai 22-25 April mendatang.

Kepala Seksi Kurikulum Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Solo, Abdul Haris Alamsah dalam keterangannya menjelaskan, sekolah yang akan melaksanakan UNBK terdiri dari 29 SMP/MTS negeri dan 52 SMP/MTS swasta. “Jadi seluruh SMP sudah melaksanakan ujian nasional dengan komputer. Baik sekolah negeri maupun yang swasta,” ucapnya, Selasa (16/4/2019) petang.

Akan tetapi, Haris menyampaikan, ada beberapa sekolah yang tidak bisa melaksanakan UNBK di sekolahnya masing-masing. Hal ini lebih disebabkan karena adanya beberapa penyebab. Seperti adanya renovasi sekolah maupun sarana maupun prasarana yang kurang memadai.

“Yang tidak bisa menggelar di sekolah seperti di SMPN 17, karena adanya renovasi sekolah maka pelaksanaan UNBK dipindahkan ke SMKN 2 Solo. Kemudian ada juga di SMP Kriten 4 digeser ke SMA Kristen,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk memastikan kelancaran pelaksanaan UNBK, Dinas Pendidikan sudah berkoordinasi dengan instansi terkait. Diantaranya dengan Telkom, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan juga dengan PLN. “Kami juga berkoordinasi dengan DLH agar selama ujian berlangsung tidak ada aktivitas penebangan pohon. Hal ini karena berpotensi mengganggu jaringan internet,” ucapnya.

Sedangkan dengan PLN agar, selama pelaksanaan berlangsung tidak dilakukan pemadaman listrik. Meskipun, setiap sekolah sudah menyiapkan genset untuk mengantisipasi hal tersebut. (*)