DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 16 April 2019 / 18:10 WIB

KPU DIY Bakal Musnahkan Kelebihan Surat Suara

YOGYA.KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hamdan Kurniawan mengatkan surat suara yang rusak di Yogyakarta sudah mendapat ganti dari KPU pusat. H-1 jelang pemilu 2019 seluruh surat suara yang tidak sesuai dengan ketentuan segera dimusnahkan termasuk jika ada surat suara yang kelebihan. 

"Surat suara yang sudah dimusnahkan kemarin pada hari Senin yaitu kulon progo sisanya hari ini waktunya tergantung masing-masing Kabupaten," kata Hamdan Kurniawan ketika ditemui di kantor KPU DIY. Selasa (16/04/19).  

Dari informasi yang diperoleh sebelumnya, kiranya tercatat 27282 surat suara yang rusak saat disortir oleh pihak KPU dari 13-14 juta surat suara. 

BACA JUGA :

Berikut, Catatan Pemilu di Indonesia dari Masa ke Masa

Pemilu Tahun 1955 dan 1999 Dianggap Paling Demokratis, Benarkah?

 

 

Menurut Hamdan, surat suara yang rusak pada saat disortir, jelang H-1 pemilu serentak (besok) pihaknya sudah menerima penggantinya dan saat ini sudah berada dimasing-masing Kabupaten. Terlebih lagi hari ini semua logistik harus sampai ke semua TPS-TPS di DIY. 

"Setelah mendapat kiriman dari KPU RI kadang memang surat suara ada yang rusak, cacat, yang warnanya tidak sesuai dengan warna partai. Kemudian kita musnahkan Karena penggantinya sudah ada. Seandainya ada kelebihan. Nanti juga akan dihancurkan supaya tidak disalah gunakan," lanjut Hamdan.

Untuk pemusnahan surat suara yang rusak atau cacat, Hamdan menyerahkan prosesnya kepada masing-masing Kabupaten." Hari ini semuanya surat suara tersebut harus clear. Terserah mau di bakar boleh dicacat boleh dipotong-potong juga boleh yang penting tidak dapat digunakan sebagaimana fungsinya," (Ive)