Olahraga Editor : Ivan Aditya Selasa, 16 April 2019 / 15:25 WIB

PSS Menyesal Pinjamkan Zamzam ke Sriwijaya

SLEMAN, KRJOGJA.com - PSS Sleman sempat menyesal meminjamkan salah satu pemain lokal potensial, Hamdan Zamzani ke Sriwijaya FC menyusul regulasi kompetisi Liga 1 2019, yang mewajibkan klub mendaftarkan tujuh pemain lokal berusia di bawah 23 tahun.

Hamdan Zamzani atau yang akrab disapa Zamzam dipinjamkan PSS ke Sriwijaya FC untuk memberikan pemain jebolan AMS Seyegan tersebut banyak jam terbang bermain. Namun, kini Laskar Sembada membutuhkannya untuk memenuhi kuota 7 pemain muda U-23.

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro menegaskan manajemen sempat berencana memulangkan Zamzam, namun semua proses peminjaman pemain tersebut telah telanjur disepakati. “Ini simakalama, Zamzam butuh jam terbang, kalau kami hanya mengandalkan kuota, sayang, kasihan Zamzam. Ini dilema juga bagi PSS, tapi dilema ini tak hanya di PSS. Mungkin tim Liga 1 lain juga,” ujar Seto.

PSS sendiri kini baru memiliki 4 pemain U-23, yakni Ilham Zahrul Mila (20), Arise Sandy (21), Irsan Lestaluhu (19) dan Sidik Saimina (21). “Kalau tentang usia, kami masih butuh tiga pemain muda. Kalau untuk posisi kami akan lihat dulu, karena intinya adalah untuk memenuhi kuota,” tambah Seto.

Hanya saja, Seto memiliki dua opsi terkait tiga pemain muda ini. Ia butuh yang potensial, sehingga bisa dimainkan atau hanya cukup untuk memenuhi kuota. Pertimbangan itu yang membuat tim pelatih PSS harus berpikir lebih untuk menentukan pilihan.

“Itu dalam pertimbangan, ada dua opsi. Hanya untuk memenuhi kuota pemain muda, atau kami cari sekalian yang potensial. Itu yang kami pertimbangkan,” lanjut Seto.

Di luar ketiga pemain muda, Seto mengakui secara tim, skuadnya sudah lengkap. Bahkan, ia tak menampik kemungkinan ada pemain yang bakal dipinjamkan ke tim lain karena perkembangan yang cenderung lambat.

“Kalau ada di sini yang menurut tim pelatih perkembangannya lambat, mungkin dipinjamkan. Masuk lagi pemain muda. Ada beberapa (pemain yang akan dipinjamkan), tapi masih dalam pertimbangan,” sambung pelatih asal Kalasan ini.

Sementara itu, dalam latihan, kemarin, satu pemain anyar Aldino Herdianto sudah menjalani latihan bersama pemain lain. Ia turut mengikuti latihan yang difokuskan pada peningkatan kondisi. Sedang, Junius Bate belum terlihat.

Selanjutnya, para pemain diliburkan untuk memberikan kesempatan bagi mereka untuk memberikan suaranya dalam Pemilu, Rabu (17/04/2019) besok. Seto pun meminta pemain profesional dengan menjaga kondisi selama libur. “Saya minta pemain tetap profesional, jaga kondisi selama libur,” tegas Seto. (Yud)