DIY Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 17 April 2019 / 00:10 WIB

Patut Curiga, Mie Kenyal dan Tak Mudah Patah Mengandung Formalin

YOGYA, KRJOGJA.com - Balai Besar Pengawas Obat Dan Makanan (BBPOM) DIY menemukan mie basah berbahan formalin yang beredar di pasaran. Hal Ini membuktikan mie berformalin masih banyak diproduksi. Padahal jika dikonsumsi, akan membahayakan kesehatan. 

Kepala BBPOM DIY Dra Rustyawati, Selasa (16/04/2018) menjelaskan tekstur mie yang berformalin memang mudah mudah sulit dikenali. Namun ada langkah yang dapat mengetahui apakah produk tersebut berformalin atau tidak. "Untuk mie basah cara mudah mendeteksinya dengan cara merasakan tekstur mie. Mie yang berformalin itu kalau dipegang dia tidak mudah patah dan juga kenyal," kata Rustyawati.

BACA JUGA :

Awas! Mie Basah Berformalin Masuk Jogja

Produk Kedaluwarsa dan Ikan Berformalin Ditemukan di Kulonprogo

Dia menjelaskan mie yang dihasilkan juga tampilannya sangat bagus. Memang menurut informasi, formalin dapat membuat tekstur makanan olahan menjadi lebih kenyal dan berwarna cerah. Langkah selanjutnya, ketika sudah dibeli rebus mie tersebut kedalam air panas.  "Jika uapan hasil dari rebusan tersebut pedih mata, maka sudah dipastikan sudah tercampur bahan formalin."

Dia menambahkan BBPOM DIY juga mengimbau agar masyarakat pandai dalam memilih makanan yang dijual baik dipasaran maupun di tempat lain. Pihaknya juga mengingatkan untuk selalu cek kemasar izin edar.

"Kemasannya masih bagus apa tidak, jangan lupa labelnya dicek. Dilabel itukan ada tanda produksi siapa. Kira kira ada izin edarnya tidak. Terus untuk lebih yakinnya kalau memang senang sama produk itu buka di webnya badan bpom.co.id. Masukan nomer izin itu nantikan muncul kalo itu udah kedaftar apa tidak, kemudian juga dilihat dilabelnya itu kaldaluarsanya kapan," katanya.

"Apalagi sebentar lagi Ramadhan biasanya pengusaha membuka gudang jual produknya dengan diskon yang gede-gedean padahal dua hari lagi mau kadaluarsa," lanjutnya. (Ive)