Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Selasa, 16 April 2019 / 14:51 WIB

Persiapan Pemilu di Indonesia Jadi Perhatian Media Asing

JERMAN, KRJOGJA.com - Pemilu serentak yang akan dilakukan di Indonesia pada tanggal 17 April mendatang menarik perhatian sejumlah media asing. Berbagai tema terkait kebijakan pemerintah hingga persiapan pemilu pun dibahas. Bagaimana media asing menyoroti persiapan pemilu di Indonesia?

Sejumlah media berbahasa Jerman, seperti dikutip dari DW Indonesia, Selasa (16/4/2019), menyoroti isu pluralisme dan intoleransi beragama di negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia ini. Deutschlandfunk Kultur mempertanyakan meningkatnya intoleransi beragama di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir dengan mengambil kasus contoh penistaan agama yang dialami Sukmawati Soekarnoputri.

Frankfurter Allgemeine Zeitung (FAZ) menyoroti Presiden Joko Widodo yang pergi umrah ke Arab Saudi di masa minggu tenang dan betapa tema keagamaan kian menjadi sentral dalam dunia perpolitikan di Indonesia.

FAZ menulis bahwa selama bertahun lamanya Indonesia telah menjadi contoh agama Islam yang toleran dan juga kesinambungan antara kehidupan berdemokrasi dan beragama. Namun dalam beberapa tahun belakangan, pengaruh aliran wahabisme dari Arab Saudi dan interpretasi para pemimpin agama yang lebih ortodoks menyebar luas di masyarakat.

Hal serupa juga disoroti oleh radio dan televisi Swiss (SRF) yang korespondennya mengatakan bahwa agama di Indonesia bukan lah persoalan pribadi. SRF juga mengatakan bahwa Jokowi selama masa kampanye sering diserang berkaitan dengan agamanya.(*)