DIY Editor : Agus Sigit Selasa, 16 April 2019 / 13:47 WIB

Petugas Amankan Saus 'Berbahaya', Ini Kandungannya

YOGYA, KRJOGA.com - Saus diduga mengandung bahan pengawet, pemanis, dan pewarna yang melebihi batas disita petugas dari sebuah pabrik di wilayah Sleman. Total 29.000 pcs kemasan 550 gram diamankan dengan total nilai ekonomi sebesar Rp 87 juta.

Penyitaan dilakukan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) DIY Bersama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Polda DIY, dan Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala BBPOM DIY, Rustyawati menyatakan bahwa produk yang disita tersebut mengandung bahan tambahan pengawet, pemanis, dan pewarna yang melebihi batas. Sehingga tak layak dikonsumsi masyasakat. “Saus ini rata-rata banyak dikonsumsi masyarakat. Dan ini bahaya bagi kesehatan jika terus dilakukan,” katanya ketika memberi pernyataan kepada para wartawan. Selasa, (16/04/19).

Ia menambahkan sebenarnya regulasi penggunaan bahan tambahan pangan sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Kepala Badan POM dan sejatinya wajib diikuti oleh semua pelaku usaha. Namun masih banyak pelaku yang melakukan pelanggaran.

“Kami terus melakukan pembinaan dan pendampingan pelaku usaha. Tujuannya agar pelaku usaha mampu memenuhi aturan yang ada,” tambahnya.

“Jadi ini pabriknya tidak disini juga, dia pabrik tapi dia membeli dari pabrik lain juga. Produknya tapi tidak memenuhi syarat. Kita tidak pandang bulu, kita amankan jika ada pelanggaran," kata Rustyawati. 

Atas kasus ini, pabrik tersebut dikenakan pasal 8 ayat (1) poin (a) jo pasal 62 ayat 1 dalam Undang-undan Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak Rp 2 Milyar. 

"Karena kasus ini belum selesai, kami masih mendalami bersama kejaksaan Negeri Sleman," katanya. (Ive)