Jateng Editor : Danar Widiyanto Selasa, 16 April 2019 / 13:31 WIB

Dewan Apresiasi Keberhasilan Pemkab Turunkan Kemiskinan

PURWOREJO, KRJOGJA.com - DPRD Kabupaten Purworejo mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menurunkan angka kemiskinan. Angka kemiskinan tahun 2018 turun 2,14 persen dibandingkan dengan capaian tahun 2017. 

Hal tersebut tertuang dalam memori jawaban Pansus 54 DPRD Purworejo yang membahas Laporan Ke apresiasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Purworejo (LKPJ) 2018. "Kami memberi apresiasi atas turunnya jumlah penduduk miskin di Purworejo," ujar Anggota Pansus 54 Prabowo, saat membawa hasil pembahasan dalam sidang paripurna, Selasa (16/4/2019). 

Penurunan tersebut signifikan karena berdasar pengalaman pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan sejak tahun 2013 - 2017, kemiskinan turun rata-rata 0,48 persen setiap tahun.  

Jumlah penduduk miskin tahun 2018 tersisa 11,25 persen dari total warga Purworejo. "Penurunan itu semoga jadi penanda bahwa pemkab sudah memiliki cara efektif dalam penanggulangan kemiskinan, kami minta strategi itu terus disempurnakan sehingga tahun berikutnya kemiskinan bisa lebih ditekan," terangnya. 

Untuk jangka panjangnya, kata Prabowo, pemkab mampu mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030. "Target SDGs adalah tidak ada kemiskinan dalam bentuk apapun pada tahun 2030," tegasnya. 

Sementara, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas tanggapan DPRD Purworejo. "Kami apresiasi dan tentunya ada yang harus kami perbaiki sesuai rekomendasi DPRD Purworejo," ungkapnya.(Jas)