Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Selasa, 16 April 2019 / 12:10 WIB

Favorit, Pelamar Sekolah Kedinasan 'Serbu' STAN

POLITEKNIK Keuangan Negara STAN (PKN STAN) kembali menjadi favorit pelamar sekolah kedinasan.

Dari 103.500 orang yang telah mendaftar online melalui portal sscasn.bkn.go.id hingga 15 April 2019, sebanyak 17.853 pelamar tercatat dalam sistem telah memilih PKN STAN.

Sesuai dengan pengumuman nomor B/393/S.SM.01.00/2019, ada 19 pendidikan tinggi kedinasan di 8 Kementerian/Lembaga yang membuka 9.177 kursi pada seleksi sekolah kedinasan 2019. Adapun waktu pendaftaran berlangsung pada 9-30 April 2019.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Mudzakir kepada media mengimbau, kepada calon pendaftar untuk dapat memanfaatkan sisa waktu yang masih ada dengan sebaik-baiknya.

"Sekolah kedinasan ini merupakan kesempatan yang baik untuk generasi milenial bisa mengabdi kepada negara. Maka, manfaatkan waktu yang tersisa untuk memilih," imbuhnya, Selasa (16/4/2019). 

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pun rupanya banyak diincar oleh generasi muda yang mau mengabdi jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sekolah ini bertengger pada urutan kedua di bawah STAN dengan jumlah pelamar sebanyak 10.295 orang.

Sementara pada urutan ketiga terbanyak yakni Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) dengan jumlah pelamar sebanyak 3.264 orang.

Selain STAN, tujuh Kementerian/Lembaga lain yang membuka penerimaan siswa/taruna baru Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Badan Siber dan Sandi Negara (STSN), Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim).

Selanjutnya ada Badan Intelijen Negara (STIN), Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika STIS), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), dan Kementerian Perhubungan (11 Sekolah Tinggi, Poltek, dan Akademi).(*)