DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 16 April 2019 / 00:16 WIB

Hasto Lepas Distribusi Logistik Pemilu

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K)  melepas distribusi logistik Pemilu 2019, dengan didampingi Waka Polres, Bawaslu, Sekda, Forkompimda, KPU DIY, OPD di depan gudang KPU, Senin (15/04/2019). Logistik dikirim ke enam kecamatan wilayah utara dan Selasa (16/04/2019) ini enam kecamatan di wilayah selatan.

Hasto menyatakan, di Kulonprogo jangkauan dinilai tidak terlalu luas, hanya 12 kecamatan dan kendaraan dapat menjangkau sampai ke TPS-TPS, sehingga dalam waktu satu sampai dua hari diharapkan selesai. "Saya punya pemikiran, perlindungan masyarakat (Linmas) yang jumlahnya banyak sekitar 5.000 personil, tidak hanya bekerja pada hari H pemilihan, tetapi juga bisa pada H-1, H-2, bisa mengamankan lingkungan masing-masing. Mudah-mudahan, ketertiban, keamanan, di Kulonprogo menjadi lebih kondusif, dengan didukung 5.000 Linmas, ditambah pleton inti linmas yang ada di kabupaten," ujarnya.

Hasto juga berharap angka partisipasi pemilih yang sebelumnya mencapai angka 80 persen, dapat dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan lagi. "Saya berharap tidak ada caleg yang berselisih dan minta penghitungan ulang. Dengan cara penghitungan yang teliti, tertib, akuntabel, maka hal itu tidak terjadi lagi. Karena sekarang bisa direkam realtime dari TPS masing-masing. Dengan begitu, objektifitas tidak diragukan, tidak ada caleg yang minta diulang, apalagi sampai ulang nyoblos. Money politics juga dapat semakin dicegah," kata Hasto.

Ketua KPU Kabupaten Kulonprogo Ibah Muthiah mengatakan, pendistribusian logistik, dimulai Senin (15/04/2019) dan Selasa (16/04/2019). Untuk Senin, distribusi ke wilayah utara yakni Samigaluh, Kalibawang, Nanggulan, Girimulyo, Kokap, Pengasih.

"Surat suara akan menginap satu hari di PPS, dan Selasa akan terdistribusi ke TPS-TPS. Sedangkan Selasa, distribusi di wilayah tengah dan selatan yakni Sentolo, Wates, Temon, Panjatan, Galur, dan Lendah. Selasa untuk keenam kecamatan tersebut hari itu juga langsung didistribusi, karena semua logistik sudah harus sampai ke TPS pada H-1 atau Selasa ini," tambah Ibah. (Wid)