Jateng Editor : Ivan Aditya Senin, 15 April 2019 / 22:49 WIB

Birokrat Harus Loyal Kepada Negara

PURBALINGGA, KRJOGJA.com - Banyaknya penyimpangan dalam tata birokrasi seiring dengan kurang tertibnya pemerintah dalam menjalankan tugasnya. Kondisi itu diakibatkan sifat birokrasi yang lebih patuh kepada atasan ketimbangan kepada aturan.

"Penataan birokrasi harus dikembalikan kepada marwahnya sebagai upaya membangun birokrasi yang profesional dan loyal kepada negara," tutur Ketua DPRD Purbalingga, Tongat saat membacakan hasil pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Purbalingga 2018 dalam Rapat Paripurna DPRD, Senin (15/04/2019).

Pada bagian yang lain, Tongat menyebutkan, ukuran kinerja LKPJ bukan semata soal penyerapan anggaran dari setiap program. Apalagi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak menerapkan standar pelaporan yang sama terhadap kegiatan yang dilaksanakannya. Meliputi dana yang terserap dan tidak terserap serta alasannya, hingga penyampaian kemanfaatan program tersebut.

"Jadi, LKPJ 2018 itu belum mampu menjelaskan azas kemanfaatan dari setiap program itu kepada masyarakat," ujarnya.

Tongat menyarankan agar LKPJ tahun berikutnya disajikan tidak semata dalam bentuk narasi deskriptif. Tongat minta laporan itu dilengkapi matrik atau tabel agar lebih mudah dicermati.

"Pembahasan LKPJ mendatang akan didahului dengan  pembahasan di komisi komisi. Sehingga lebih mudah mengevaluasi dan pembahasan LKPJ lebih lanjut," ujarnya. (Rus)