DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 15 April 2019 / 21:51 WIB

Distribusi Logistik Pemilu di Gunungkidul Sesuai Target

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul masih melaksanakan distribusi logistik kotak suara pemilu, Senin (15/04/2019). Kemarin merupakan hari terakhir, untuk Daerah Pemilihan I yakni Kecamatan Wonosari dan Playen. Sedangkan untuk dapil lainnya telah diselesaikan empat hari sebelumnya.

“Distribusi logistik kotak suara pemilu sesuai target awal. Sehingga pada Senin (15/04/2019) tinggal untuk menyasar Dapil I yakni Wonosari dan Playen,” kata Komisioner KPU Gunungkidul Andang Nugroho dan Supami SSos.

Penyelenggaraan pemungutan  suara akan dilaksanakan serentak, Rabu (17/4/2019) pada 2.718 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Terdapat TPS khusus yang berada di Rutan wonosari. Berkait dengan pemungutan suara ini Polres Gunungkidul menerjunkan 740 personel dalam melakukan pengamanan. Serta dibantu dari Linmas dan dibackup oleh TNI dan instansi terkait.

Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuadi MH menambahkan, seluruh personel sudah diterjunkan untuk mengamankan jalannya pemilu. “Nantinya pada tiap TPS, ada personel kepolisian dan dibantu oleh linmas,” imbuhnya.

Berdasarkan data kepolisian, terdapat 7 TPS rawan di Gunungkidul. Ketujuh TPS mendapatkan pengamanan khusus, artinya berbeda dengan lokasi lain karena jumlah petugas pengamanan lebih banyak. Jika sistem pengamanan  TPS yang kurang rawan 2 polisi mengamankan 6 TPS ditambah 12 linmas, maka di TPS rawan  dijaga 2 polisi mengamankan 1 TPS dengan didukung 2 linmas.

“Memang untuk TPS rawan ini sistem pengamanannya berbeda dengan lokasi lain. Targetnya tentu pemilu di seluruh wilayah dapat berjalan dengan lancar,” tegasnya. (Ded)