Jateng Editor : Ivan Aditya Senin, 15 April 2019 / 19:39 WIB

1.463 TPS di Purbalingga Kategori Rawan

PURBALINGGA, KRJOGJA.com - Sejumlah 1.463 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019 di Purbalingga diindikasikan rawan. Jumlah tersebut lebih dari separuh dari total jumlah TPS yang mencapai 2.898.

"Kerawanan itu dinilai dari sejumlah indikator," tutur anggota Bawaslu Purbalingga, Misrad kepada KRJOGJA.com, Senin (15/04/2019).

Indikator kerawanan paling besar pada TPS yang banyak Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), Daftar Pemilih Khusus (DPK), serta TPS yang dekat dengan rumah sakit dan lembaga pendidikan. Dengan adanya DPTb dan DPK, kemungkinan surat suara di TPS-TPS itu tidak mencukupi. "Bila terjadi seperti itu, artinya ada warga yang kehilangan hak suaranya," ujar Misrad.

Misrad menambahkan, terdapat 1.371 TPS dengan kategori tersebut. Angka setara dengan 47 persen dari jumlah TPS di Purbalingga.

Kerawanan lain pada TPS berdekatan dengan posko atau rumah tim pemenangan pemilu. Terdapat 91 TPS dengan indikator tersebut. “Pengumpulan data TPS rawan dilakukan dari tanggal 6 hingga 11 April," ujar Misrad. (Rus)