DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 16 April 2019 / 03:10 WIB

Synodontis, Ikan Pemalu Si Perenang Terbalik

YOGYA, KRJOGJA.com - Dalam dunia ikan hias, Synodontis bukanlah nama yang terbilang baru. Ikan jenis ini sudah lama ada dan mengisi akuarium para penghobi. Synodontis terbilang unik, ikan ini seringkali berenang dengan posisi terbalik dengan perut di atas Synodontis sering disebut juga ikan ‘up side down’.

Synodontis memiliki bentuk tubuh mirip ikan sapu-sapu. Warnanya dominan hitam yang dihiasi dengan corak dan pola warna putih. Synodontis memiliki sirip dorsal yang memanjang dan tegak ke atas.

"Ikan Synodontis ikan yang cukup unik, karena sering kali berenang dengan badan terbalik," kata Andri Setiawan penjual ikan hias yang ada kawasan Muja Muju Umbulharjo.

Synodontis memiliki kumis seperti ikan lele. Mata Synodontis juga besar dan tajam bertubuh berisi dan memiliki punggung yang agak meninggi.

Synodontis juga dikenal sebagai ikan yang pemalu. Ikan ini senang berenang di dasar akuarium atau pinggir kolam. Bahkan Synodontis ketika di aquarium seringkali bersembunyi di bawah bebatuan.

"Kalau penggermar ikan hias, rata-rata mereka pada mencari di sini ya ikan Synodontis karena selain bentuknya lucu dan dia juga unik," tambahnya. (Ive)