Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 15 April 2019 / 19:11 WIB

Forum Silaturahmi dan Doa Bersama Kapolres Magelang

MAGELANG, KRJOGJA.com - Menjelang pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019, Forum Silaturahmi Kamtibmas dan Doa Bersama Kapolres Magelang dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda digelar di pendopo Lapangan drh Soepardi Sawitan Kabupaten Magelang, Senin (15/4/2019). 

Kegiatan ini dihadiri Forum Pimpinan Daerah, Camat, Kapolsek maupun lainnya. Kegiatan ini bertemakan "Melalui Kegiatan Forum Silaturahmi Kamtibmas Kita Jaga Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang, saat dan setelah pelaksanaan Pemilu 2019".

Kapolres Magelang diantaranya mengatakan sinergitas dan dukungan banyak pihak sangat diperlukan untuk membantu tugas menjaga keamanan, menjaga situasi tetap kondusif, terutama pada saat pemungutan suara, penghitungan suara hingga nanti penetapan rekapitulasi perolehan suara. 

Keterbatasan jumlah aparat keamanan dari TNI dan Polri sangat juga disampaikan Kapolres Magelang. Bila tidak ada bantuan dari banyak pihak, tokoh masyarakat, Forkopimcam, tokoh agama, tokoh pemuda maupun lainnya, tidak mungkin kegiatan pengamanan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan Pemilu, yang 5 tahun sekali ini, merupakan suatu proses yang biasa, namun juga luar biasa karena menentukan pemimpin yang akan membawa negara dan akan memerintah negara 5 tahun ke depan. Meskipun demikian ini jangan dianggap terlalu serius, jangan dianggap suatu hal yang menakutkan. "Ini harus dianggap sebagai pesta demokrasi yang menyenangkan bagi kita semua," katanya.

Kapolres Magelang juga menekankan untuk mengutamakan kerukunan dan persaudaraan, meskipun di sadari dan yakini kalau dalam komunitas keluarga ada juga intrik-intrik perbedaan atau konflik kecil-kecilan, walaupun hanya sekadar saling debat dan lainnya. Intrik-intrik ini diharapkan jangan terus meningkat eskalasi konfliknya. Perbedaan pandangan politik jangan sampai menjadi suatu bibit permusuhan yang dapat memutus silaturahmi atau persaudaraan. (Tha)