Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Senin, 15 April 2019 / 16:10 WIB

Prestasi SMA Muha Yogya Terus Meningkat


YOGYA, KRJOGJA.com - Prestasi SMA Muhammadiyah 2 (Muha) Yogyakarta di bidang akademik maupun nonakademik terus meningkat setiap tahunnya. Tahun ini jumlah siswa SMA Muha yang diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN sebanyak 33 siswa, lebih tinggi dibanding tahun lalu 22 siswa.

Kepala SMA Muha Yogyakarta, Slamet Purwo mengatakan, capaian membanggakan ini tak terlepas dari kerja sama guru pembimbing dan orangtua yang mengarahkan siswa memilih jurusan yang cocok/pas dengan kemampuan. "Kalau tidak diarahkan bisa tidak tepat dalam memilih juruan yang dituju. Jadi pendampingan dan kosultasi sangat penting," terang Slamet kepada wartawan di Kampus SMA Muha Yogyakarta, Senin (15/4/2019).

Upaya lain yang dilakukan pihak sekolah agar siswa-siswinya diterima di perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN, dengan terus mendampingi siswa dan memberikan materi pembelajaran. Ini dimaksudkan supaya nilai yang sudah diperoleh siswa bisa dipertahankan bahkan meningkat.

Prestasi lain SMA Muha, adalah keberhasilan siswa-siswi di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019. Dua siswanya yaitu Alfido Kelas XI IPA 1 dan Asrifani Kelas XI IPA 4 berhasil lolos di OSN bidang Biologi tingkat Kota Yogya dan melaju ke OSN tingkat provinsi. Kedua siswa tersebut juga optimis bisa mewakili SMA Muha dan DIY melaju ke OSN tingkat nasional.

Tak hanya itu siswa-siswa SMA Muha juga berprestasi di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Yogyakarta, yaitu Nanda P kelas XI IPS 2, Juara 1 Cabang Lompat Jauh. Kemudian Diva Anisa kelas XI IPA 4 Juara 3 Cabang Badminton dan Alifian Nur kelas XI IPA 4, Juara 3 Cabang Pencak Silat Putra.

"Nanda P yang berhasil meraih juara 1 lompat jauh melaju ke tingkat provinsi," ujar Slamet. Sedangkan di ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kota Yogya, siswa SMA Muha atas nama Mohammad Ilham Hanafi mendapat juara 3 kategori vokal putra.(Dev)