Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 15 April 2019 / 17:21 WIB

Prof Ravik Ingin UTBK Tanpa Kendala Teknis


SOLO, KRJOGJA.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ingin Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada pekan kedua (Sabtu-Minggu) mendatang zero-defect. Beberapa kendala teknis yang terjadi pada hari pertama dan kedua  tidak terulang  pada ujian berikutnya.

"Kami ingin ujian berikutnya lancar zero-defect. Tak ditemukan lagi masalah teknis," jelas Prof Dr Ravik Karsidi MS, Ketua LTMPT usai pisah sambut rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin (15/4). Pisah sambut rektor UNS periode 2015-2019/2019-2023 dari Prof Ravik Karsidi kepada Prof Dr Jamal Wiwoho SH MHum.

Prof Ravik menyebutkan dari 73 sentra pelaksana UTBK tercatat hanya dua lokasi yang mengalami gangguan teknis yakni di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan Undana Kupang. Tapi kendala seperti listrik mati bisa diatasi dalam waktu cepat. "Jadi secara umum pelaksanan lancar."

Menurutnya, dengan digelarnya UTBK lebih fleksibel. Ketika ada kendala di satu daerah bisa menunda waktu pengerjaan sampai 30 menit.  Begitu juga ketika ada daerah yang diperhitungkan jadwal waktu ujian Dhuhur sampai Ashar bisa direvisi. Akhirnya jadwal ujian sesi kedua dimulai habis Dhuhur.

Jumlah peserta UTBK pada sesi pertama pagi tercatat 68.586 peserta dan siang  67.916 orang. Kemudian pada hari kedua (Minggu) pagi 68 222 orang dan siang 66.347 orang. Secara nasional UTBK akan berlangsung 24 sesi.-(Qom)