Jateng Editor : Agus Sigit Senin, 15 April 2019 / 15:46 WIB

'Kapusan' Biro, Puluhan Mahasiswa Unsoed Batal ke Thailand

PURWOKERTO, KRJOGJA.com - Puluhan mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) jurusan Hubungan Internasional (HI) ditipu sebuah biro perjalanan dari Jakarta. Dampak penipuan itu, rencana para mahasiswa yang akan pergi ke Thailand untuk Kuliah Kerja Lapangan (KKL) gagal.

Ketua Jurusan (Kajur) HI, Fisip Unsoed, Muhammad Yamin membenarkan kasus penipuan yang menimpa mahasiswanya tersebut. Peristiwa itu, sudah dilaporkan ke Polres Banyumas. Ia menceritakan, kepanitiaan KKL semester enam jurusan HI, menemukan biro perjalanan di Jakarta yang sepakat memberangkatkan mereka ke Thailand dengan harga yang kompetitif untuk kantong mahasiswa.

”Kami dari dosen jurusan mendampingi secara terbatas karena ini mahasiswa sendiri yang mengelola, kami hanya bisa mendampingi sejauh mana program ini berjalan,” ungkapnya, pekan kemarin. 

Rencananya ada 78 mahasiswa semester enam jurusan HI termasuk tiga dosen yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Mereka masing- masing menyetorkan uang Rp 4.750.000 sebagai bentuk keikutsertaan mereka ke Thailand. Kemudian pada hari yang ditentukan yakni Senin (8/4), mahasiswa dan dosen berangkat ke Jakarta menuju Bandara Soekarno Hatta Terminal 2 F. Ternyata dari pihak biro perjalanan yakni Ant (24) tidak datang. Meski panitia sudah berusaha menghubungi pelaku, namun nomor HP Ant tidak aktif. Sejumlah mahasiswa dan dosen selanjutnya mencari dan menemukan Ant.

Kepada mahasiswa, Ant mengaku bahwa perusahaannya sedang mengalami keterpurukan sehingga tidak bisa memberangkatkan mahasiswa ke Thailand. Kasus tersebut selanjutnya dilaporkan ke Polres Banyumas. Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun mewakili Kasat Reskrim AKP Agung Yudiawan menjelaskan pihaknya sudah menetapkan tersangka yakni Mci, direktur biro perjalanan yang akan memberangkatkan dosen dan mahasiswa ke Thailand. (*)