DIY Editor : Agus Sigit Senin, 15 April 2019 / 15:35 WIB

Soal UTBK Sulit, Peserta Mengeluh

YOGYA, KRJOGJA.com - Hari kedua pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPNVY), Minggu (14/4) berjalan lancar. Para peserta yang mengikuti ujian mengatakan tidak mengalami kendala berarti ketika mengerjakan soal.

"Kalau kendala tidak ada. Cuma untuk soal susah, jadi saya dituntut cermat dan harus berpikir lebih keras untuk bisa mengerjakan soal," ujar Priyantaka, peserta UTBK di UPNVY Kampus II Babarsari ketika dijumpai KR di sela-sela kegiatan, Minggu (14/4). Senada, Atika Nurdzakkiyah, peserta UTBK di UPNVY lainnya mengakui tidak ada kendala saat pelaksanaan ujian. Ia justru merasa UTBK di UPNVY tidak seketat di tempat lain.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (Kasubag) UPNVY, Markus Kusnardijanto SSos menyampaikan, di sesi pertama hari pertama, sejumlah peserta UTBK tidak mengikuti ujian. "Peserta UTBK di UPNVY pada hari pertama sesi pertama diikuti oleh 753 orang, sedangkan yang tidak hadir 72 orang," katanya.

Sedangkan, UTBK di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebanyak 201 orang tidak mengikuti UTBK di UNY pada hari pertama di dua sesi. "Alasannya, kemungkinan mereka sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat SNMPTN atau diterima di sekolah kedinasan lainnya," ungkap Kepala Humas, Promosi dan Protokol UNY, Dr Anwar Efensi MSi.

Sementara itu pelaksanaan ujian pertama berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompeten Akademik (TKA) yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini dimonitor oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohammad Nasir dari Papua yang paling awal melaksanakan UTBK hingga Aceh melalui telecoference ke seluruh Pelaksana UTBK.

Sedangkan Wakil Ketua Dewan Pendidikan DIY, Prof Dr Buchory MS MPd menyatakan, seandainya antara seleksi masuk PTN dengan pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) bisa diatur waktunya. Mestinya hasil UN bisa dipertimbangkan untuk masuk PTN. Selain waktunya bisa matching materi soalnya UN juga bisa untuk memprediksi keberhasilan seseorang dalam menempuh kuliah di PT. (*)