DIY Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 14 April 2019 / 17:43 WIB

KPU Sulit Tangani Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Ini Alasannya

SlEMAN.KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan terkait temuan kasus surat suara yang telah tercoblos di Malaysia akan segera dilakukan investigasi lanjutan. Menurut pihaknya kasus tersebut sulit ditangani karena berada diluar Negeri dan pemerintah Indonesia tidak memiliki akses ke sana.

"Kita tidak dapat akses ke sana untuk masuk, karena kejadian bukan di Kedutaan besar Republik Indonesia  (KBRI) atau Konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI), sehingga di luar wilayah yuridiksi pemerintah Indonesia. Jadi aparat keamanan kita juga tidak punya akses ke sana. Kecuali kejadian di KBRI atau KJRI," tutur Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi di sela pemutaran film 'Suara April' di XXI Ambarrukmo Plaza, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (14/4/2019).

Pramono menambahkan KPU segera menargetkan kasus temuan surat suara tercoblos di Malaysia yang segera terungkap sebelum 17 April 2019. Saat ini, komisioner KPU sudah berada di Malaysia untuk melakukan investigasi lanjutan.

"Tadi pagi komisioner KPU berangkat ke Malaysia lagi, mendalami kasus ini dan beberapa hal untuk kita pastikan. Mudah-mudahan besok hasilnya bisa kami sampaikan," katanya

Pramono juga mengakui KPU sejak awal memang mengalami kendala untuk mengakses langsung terkait surat suara yang telah tercoblos di Malaysia Karena peristiwa itu terjadi di luar KBRI atau KJRI. " Kita akan pastikan beberapa hal dulu, soal jumlah, soal apa yang salah dan kesalahanya ada di mana. Sehingga kita betul-betul bisa mengambil jalan keluar berdasarkan data dan fakta lebih akurat," ucap Pramono. (Ive)