Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 14 April 2019 / 12:31 WIB

Sambut Ramadan, 2.000 Masjid Siap Dibersihkan

SEMARANG, KRJOGJA.com - Menyambut bulan suci Ramadan 1440 H/2019,  pada Minggu 28 April mendatang PT Unilever Indonesia mengadakan gerakan bersih-bersih 2.000 masjid se-Indobesia. Ditargetkan gerakan ini akan memecahkan rekor Muri.  Sedang di kota Semarang sasarannya 200 masjid. 

Mengawali program Bersih-Bersih Masjid Kota Semarang, dilaksanakan Training of Trainer di SMP IT PAPB, Sabtu, (13/4/2019). Kegiatan yang diikuti 200 Takmir Masjid sasaran ini dibuka Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, SE, MM. 

Dalam sambutannya, Walikota sangat mengapresiasi program Bersih-bersih Masjid kerjasama antara DMI dengan PT Unilever Indonesia ini. Juga menyampaikan bahwa ‘Kebersihan bagian dari iman, mari kita berupaya bersama-sama sebagai warga Muslim untuk bisa memakmurkan masjid di lingkungan masing-masing sehingga masjid bagus, nyaman, keren dan banyak jamaahnya’.

Pada kesempatan ini Widiandayani, Direktur PERSADA selaku mitra Unilever Indonesia menyerahkan simbolis produk Unilever dan perlengkapan  pembersihan Masjid kepada Walikota yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua DMI Kota Semarang.

Ada 5 titik rawan kotor di Masjid yang perlu dijaga kebersihannya, yaitu Kamar Mandi, Tempat Wudhu, Tempat Ibadah, Kaca (jendela) dan Lantai Halaman. 

Widiandayani menjelaskan tips lantai yang bersih higienis, Toilet bersih higienis, Tempat Wudhu bersih higienis dan cara mengelola sampah di Masjid dan lingkungan sekitar. 

Widiandayani juga menjelaskan, tujuan training of resimen juga elakukan edukasi mengenai perilaku hidup bersih sehat terhadap Marbot serta mendorong komunitas Masjid untuk menjaga kebersihan diri dan Masjid secara berkelanjutan. Sasaran: 200 MASJID Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah 

Setelah Training para Takmir yang sekaligus sebagai trainer berencana untuk mensosialisasikan materi edukasi pentingnya menjaga kebersihan Masjid dan rumah dengan cara yang benar kepada relawan Masjid dan mengajak seluruh relawan terlibat dalam  Gerakan serentak bersih-bersih Masjid (Fie)