DIY Editor : Danar Widiyanto Minggu, 14 April 2019 / 11:51 WIB

Masa Tenang, Semua Alat Peraga Kampanye 'Dibersihkan'

SLEMAN, KRJOGJA.com - Jelang masa tenang Pemilu 2019, petugas gabungan dari Satpol PP Kabupaten Sleman serta Provinsi DIY bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman menertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dibeberapa wilayah. Menurut keterangan Bawaslu, APK 'Billboard' menjadi fokus utama karena membutuhkan alat-alat yang tidak dapat dijangkau hanya dengan tangan.

Memasuki Minggu tenang, sesuai PKPU nomer 23/2018, telah diatur masa kampanye dan masa pemilu. Pasal 25 PKPU nomer 23/ 2018 tentang masa tenang dimulai 14 -16 April 2019. Pada masa tenang seluruh apk harus seteril dan ditertibkan.

Menurut ketua Bawaslu Sleman Karim menuturkan, untuk penertiban alat peraga kampanye di masa tenang khususnya apk yang berbentuk billboard ini akan ditertibkan oleh satpol pp. "Pada hari ini kami bekerjasama dengan satpol pp DIY juga untuk penertiban di wilayah Gamping dan wilayah Depok," tutur Karim kepada para wartawan, Minggu (14/4/2019).

Menurutnya, Terhitung dikecamatan Depok ini ada 114 titik billboar yang akan diturunkan. Karim juga menjelaskan, APK yang ada di Kabupaten Sleman pihaknya sudah mengkoordinasi satpol pp akan mengacover selama tiga hari dimasa tenang terhitung tangal 14-16 April 2019.

"Rekomendasi kami awalnya ada 114 titik, tetapi setelah disisir kembali oleh satpol pp ternyata Kecamatan Depok melebihi jumlah yang kita sisir. Sebelumnya ada sekitar 51 titik ternyata setelah ditinjau kembali ada 114 titik di wilayah kecamatan depok saja," tambahnya.  

Pihaknya akan mengutamakan billboar karena apk tersebut membutuhkan alat-alat yang tidak dapat di jangkau oleh pihak panitia pengawas kecamatan (panwascam) dan juga Linmas dimasing-masing kecamatan.

"Untuk APK selain billboard ini menang sudah ditertibkan di masing masing kecamatan yang berupa spanduk, romtek, baner dan atribut lainnya. Sedangkan Billboard harus membutuhkan alat berat dari Dinas Pertamanan dan dari Dinas yang lain dalam membantu proses penurunan Billboard," tambahnya. 

Sejauh ini, pihaknya juga sudah menerima laporan mengenai beberapa partai politik yang berinisiatif untuk menurunkan APK secara mandiri. Meskipun bawaslu belum memberikan surat himbauan kepada partai politik tapi sudah berupaya positif menurunkanya sendiri.

"Nanti semua APK akan kami amankan di satpoll pp Sleman. Dan Bendera depan kantor partai atau pemenangan, kami juga menghimbau semua APK mohon ditertibkan," katanya. (Ive)