Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Minggu, 14 April 2019 / 11:10 WIB

Siswa HSPG Ikuti UNBK Kesetaraan

YOGYA (KRJOGJA.com) - Sebanyak 95 siswa Home Schooling Primagama (HSPG) Yogyakarta jenjang SMA mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Pendidikan Non Formal (Kesetaraan) di SMP Negeri 8 Yogyakarta. UNBK Kesetaraan diselenggarakan selama 4 hari, 12-15 April 2019.

Direktur HSPG Ir Kusnanto MM mengatakan, siswa yang mengikuti UNKB dibagi dua kelompok yaitu IPS sebanyak 62 siswa dan IPS sebanyak 33 siswa. Adapun materi yang diujikan pada hari pertama yaitu Bahasa Inggris, Geografi (IPS) dan Kimia (IPA). 

"Seluruh siswa HSPG bisa mengikuti UNBK hari pertama dan diharapkan sampai akhir," ujar Kusnanto kepada KRJOGJA.com disela UNBK, Sabtu (13/4/2019). Pelajaran lain yang diujikan yaitu Matematika, Bahasa Inggris dan PKn. Untuk jurusan IPS ada Sosiologi dan Ekonomi. Sedangkan IPA ada Biologi dan Fisika.

Menurut Kusnanto, meskipun nilai UNBK ini tidak menentukan kelulusan siswa, namun sangat diperhatikan oleh HSPG karena menjadi indikator penyetaraan, sejauh mana nilai UNBK yang diraih lembaga pendidikan nonformal dibanding sekolah formal. "Nilai UNBK sekolah nonformal terus meningkat, mendekati atau hampir setara dengan sekolah formal, dan ini akan terus kita tingkatkan," ujarnya. (Dev)