DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 13 April 2019 / 20:38 WIB

Tiga Peserta UTBK Lakukan Pelanggaran

YOGYA, KRJOGJA.com - Sebanyak tiga peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dinyatakan melakukan pelanggaran. Walau melakukan pelanggaran namun tiga peserta ini tetap bisa mengikuti ujian.

Vice Dean I Fakultas Ilmu Kedokteran UNY,  dr Or Mansur MS juga ikut memantau UTBK yang dilaksanakan di UIN Suka sebagai mitra pelaksana ujian. Menuturkan peserta yang melakukan tes di gedung UIN di hari pertama baik disesi pertama dan kedua, pihaknya mendapat 3 peserta yang kedapatan melanggar UTBK.

“Memang kelemahannya dihari pertama para peserta kita temukan ada beberapa yang terlambat dan juga yang tidak membawa syarat untuk mengikuti ujian," tutut Mansur ketika ditemui di UIN, Sabtu (13/04/2019).

Mansur mengatakan dua peserta yang terlambat mengikuti ujian disesi pertama tak lebih dari 30 menit. Jika saja mereka melebihi waktu yang diringankan, maka selanjutnya tidak dapat mengikuti ujian.

"Syaratnyakan seperti kartu ujian, foto kopi ijazah sama foto kopi surat keterangan lulus. Mereka rata-rata kelupaan membawanya, ya manusiawi sebenernya," tuturnya.

Secara teknis, UTBK tidak mendapat hambatan baik dari segi listrik maupun komputer. Pihaknya juga menghadirkan dua pengawas di setiap ruangan, satu pengawas akademisi dan juga pengawas teknis.

"Untuk sesi selanjutnya diharapkan para peserta tidak dulu menggunakan aksesoris apapun ketika akan mengikuti ujian dan jangan terlambat serta bawa syarat-syarat ujian," tutur Mansur. (Ive)