Hiburan Editor : Agung Purwandono Sabtu, 13 April 2019 / 07:00 WIB

Ave Maryam, Cinta Terlarang dan Kesetiaan Biarawati

JOGJA, KRJogja.com - Film Ave Maryam akhirnya mulai tayang di bioskop Indonesia mulai Kamis, 11 April 2019. Film garapan sutradara muda, Robby Ertanto ini sebenarnya sudah ramai dibicarakan sejak November silam.

Sebelum akhirnya tayang di Indonesia, film ini telah berlaga di sejumlah festival film internasional, antara lain Hanoi Film Festival 2018, Hongkong Asian Festival 2018, Jogja-NETPAC 2018. Tidak hanya diputar di beberapa festival film tersebut, film Ave Maryam juha menjadi nominasi dari beberapa penghargaan di festival film tersebut.

Ave maryam berkisah tentang kehidupan para biarawati Katolik di biara di Semarang. Secara tidak langsung, tidak dipungkiri kalau film ini dirasa agak sensitif sebab mengandung unsur agama. Meski begitu, film ini juga memberikan warna baru pada dunia perfilman di Indonesia.

Sebab, masih jarang film yang memiliki latar belakang cinta terlarang dalam agama. "Meski begitu, isu utama film ini adalah tentang kejujuran, serta kesetiaan kita terhadap profesi kita seperti apa dan bagaimana," jelas Robby Ertanto ketika dijumpai usai berfoto-foto bersama para penonton, Jumat (12/04/2019).

Dalam penayangan hari kedua di Bioskop Empire XXI Yogyakarta, Jumat (12/04), beberapa pemain film turut hadir untuk ikut mengapresiasi karya ini. "Terima kasih atas support yang luar biasa dari kawan-kawan semua. Kami hanya memberi yang terbaik, tanpa tahu ternyata film ini bisa sampai keliling di festival film internasional," ungkap Maudy Koesnaedi dalam sambutannya sebelum film diputar. (Krissanti Dewi)