Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Sabtu, 13 April 2019 / 03:50 WIB

Peluang Angkutan Logistik Darat Muncul Karena Tarif Kargo Udara Naik

JAKARTA, KRJOGJA.com - Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mengungkapkan kenaikan tarif kargo udara dapat memberikan peluang untuk logistik darat.

Salah satu peluang logistik yang dapat dimaksimalkan yaitu keberadaan jalan Tol Trans Jawa.

"Tol ini bisa menjadi peluang  karena dulu 36 jam sekarang kalau truk besar 24 jam sekitar mungkin 12 jam kalau ukuran mobilnya lebih kecil," kata Wakil Ketua Aptrindo, Kyatmaja Lukman, Jumat (12/4/2019).

Meski demikian, kata dia, saat ini sekitar 10 persen truk angkutan logistik yang  melewati Tol Trans Jawa, sementara sisanya, 90 persen masih lewat jalan pantura. "Karena gratis kalau lewat pantura," ujar Kyatmaja.

Dia menekankan, pembangunan infrastruktur tol yang dilakukan pemerintah sudah tepat. Namun, untuk dapat mendukung efisiensi logistik, ada beberapa hal yang perlu dibangun khususnya terkait kluster di kawasan tol. 

"Kalau kluster lebih efesien bisa menekan 3 sampai 4 persen biaya operasional. Nah ke depan pemerintah perlu menerapkan infrastruktur untuk mendukung kluster di kawasan tol," urai dia.

Selain itu, dia pun menekankan pentingnya kesadaran masyarakat terkait adanya pola perubahan infrastrukur. Sebab, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengubah perilaku masyarakat pasca kehadiran sarana infrastruktur baru.(*)