Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Sabtu, 13 April 2019 / 02:10 WIB

Bos WikiLeaks Ditangkap, Kongres AS Bahagia

AMERIKA SERIKAT, KRJOGJA.com - Sejumlah anggota Kongres hari Kamis 11 April 2019 memuji penangkapan pendiri WikiLeaks, Julian Assange, di Inggris, dan mendesak agar diekstradisi secepatnya ke Amerika untuk menghadapi sejumlah dakwaan.

"Sudah saatnya. Saya senang akhirnya ia akan dibawa ke pengadilan," ujar senator faksi Republik dari negara bagian Texas John Cornyn kepada VOA yang dikutip Jumat (12/4/2019).

“Terima kasih Tuhan,” ujar senator faksi Demokrat dari negara bagian West Virginia Joe Machin. “Ini diperlukan, sangat dibutuhkan. Saya berterima kasih pada teman-teman kita di Inggris.”

Assange ditangkap setelah Ekuador mengakhiri suaka selama tujuh tahun di Kedutaan Besar Ekuador di London. Di Amerika, Assange dituduh ikut serta dalam konspirasi peretasan komputer yang mengarah pada sejumlah besar informasi rahasia yang diungkapkan di WikiLeaks.

Situs WikiLeaks itu juga mempublikasikan sejumlah besar email yang diretas dari tim kampanye calon presiden Partai Demokrat tahun 2016, Hillary Clinton, fakta yang digarisbawahi oleh senator faksi Demokrat Richard Blumenthal dari negara bagian Connecticut.

"Ia seharusnya diekstradisi dan diadili di sini,” ujar Blumenthal. "Ia harus diadili atas perannya dalam campur tangan Rusia pada pemilu kita, dan semakin cepat semakin baik."(*)