Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 11 April 2019 / 20:26 WIB

Persiapan Mudik, Pemkab Sukoharjo Siapkan Rp 90 Miliar

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Total anggaran sebesar Rp 90 miliar disiapkan Pemkab Sukoharjo untuk pemeliharaan dan rehab jalan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo sekarang sedang mengajukan proses lelang di Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ). 

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Sardjito, Kamis (11/4) mengatakan, kesiapan anggaran sepenuhnya sudah ada karena telah disediakan Pemkab Sukoharjo. Namun untuk melaksanakan proses pemeliharaan dan rehab jalan memerlukan sejumlah tahapan sesuai aturan berlaku yang harus dilalui. Salah satunya berkaitan dengan teknis lelang pengerjaan. 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo sekarang melakukan persiapan dengan menginventarisir jalan termasuk yang dipakai sebagai jalur mudik Lebaran 2019. Pengerjaan baik pemeliharaan dan rehab akan dilakukan sejak awal agar jalan siap 100 persen saat digunakan masyarakat.

"Proyek pemeliharaan dan rehab jalan tetap ada dan sudah dianggarkan Rp 90 miliar. Pada pengerjaan nanti juga sekaligus mempersiapkan jalan sebagai jalur mudik Lebaran 2019. Sebab waktu persiapan semakin mepet dan masih ada sisa waktu tiga bulan berjalan. Diperkirakan puasa Ramadan jatuh pada Mei dan Lebaran Juni mendatang," ujarnya.

Melihat sisa waktu yang ada maka proses persiapan akan dipercepat termasuk dalam pengajuan lelang. Petugas juga diturunkan langsung melakukan pengecekan ke lapangan melihat kondisi jalan.

Petugas di lapangan sudah menginventarisir dengan melakukan pembagian jalur utama, alternatif dan pendukung. Masing masing jalan pada jalur tersebut memiliki tugas sama yakni kelancaran arus lalu lintas kendataan saat mudik Lebaran 2019.

Untuk jalur utama sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat. Karena itu apabila terjadi kerusakan maka perbaikan diserahkan ke pusat. Di Sukoharjo setidaknya ada tiga jalur utama yakni di Ngasem - Kleco di Kecamatan Kartasura, Kartasura - Sanggung menghubungkan Kecamatan Kartasura dan Kecamatan Gatak, Grogol - Sukoharjo - Nguter. Ketiga jalur utama tersebut menghubungkan antar kabupaten dan provinsi. (Mam)