Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Kamis, 11 April 2019 / 13:30 WIB

Aksinya Mulus, Jago Curat Asli Purbalingga Ini Akhirnya Tertangkap

PURBALINGGA, KRjogja.com - Setelah berkali-kali melakukan aksinya dengan mulus, Mono alias Mondy (21) akhirnya tertangkap juga. Laki-laki warga Desa Kedungbenda, Kemangkon, Purbalingga itu diringkus saat melintas di jalan Desa Kedunglegok Kemangkon, Senin (8/4/2019) petang.

"Penangkapan tersangka Mono atas dasar laporan korban Erlinawati, warga Pegandekan Kemangkon," tutur Wakapolres Purbalingga Kompol Sigit Martanto kepada media di Mapolres Kamis (11/4/2019).

Sigit yang didampingi Kasat Reskrim AKP Willy Budiyanto menambahkan, Mono menjalankan aksinya pada Jumat dini hari 8 Maret lalu. Setelah merusak pagar rumah, anak 'punk' itu menyelinap lewat pintu belakang rumah korban.

"Dari rumah itu, pelaku membawa tiga unit telepon genggam dan uang tunai Rp 1.400.000," ujar Sigit.

Dari olah tempat kejadian perkara (TKP) dan keterangan saksi-saksi, polisi berhasil mengidentifikasi pelaku. Butuh waktu sebulan untuk menemukan dan menangkap pelaku.

"Dari pemeriksaan terhadap pelaku, terungkap pelaku sudah berkali-kali melakukan aksi serupa," ujar Sigit.

Pelaku mengaku sudah beraksi di empat TKP berbeda. Masing-masing di Penican dengan hasil tiga unit telepon genggam, bengkel di desa Pegandekan dengan hasil dua pelek sepeda motor. TKP lain, yakni sebuah rumah warga di desa Bukateja dengan hasil satu telepon genggam, dan rumah di desa Kedungbenda dengan hasil satu telepon genggam.

"Semua TKP di wilayah Kecamatan Kemangkon," ujarnya.  (Rus)