DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 10 April 2019 / 19:55 WIB

Waktu Penghitungan Suara Ditambah 12 Jam

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Meskipun jumlah surat suara dalam pemilu tahun 2019 lebih banyak dari pemilu sebelumnya, sudah ada regulasi yang mengatur manakala perhitungan sampai pukul 24.00 belum selesai. Sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dapat dilakukan penambahan waktu selama 12 jam dari pukul 24.00.

”Kami yakin perhitungan suara akan berjalan lancar dan sesuai dengan waktu yang tersedia,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani MPd didampingi Bidang Informasi Asih Nuryani.

Mekanisme penghitungan suara ini sudah disosialisasikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Harapannya semua petugas pemilu dapat melaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Adapun urutan penghitungan suara, sebagaimana dalam regulasi, pertama surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, surat suara Dewan Perwakilan Rakyat, surat suara Dewan Perwakilan Daerah, surat suara anggota DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota. ”Informasi ini mudah-mudahan dapat menjadi pengetahuan masyarakat. Sehingga semua warga masyarakat dapat mengetahui mekanisme, waktu dan urutan perhitungan suara pemilu tahun 2019,” tambahnya. (Ewi)