DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 10 April 2019 / 17:49 WIB

Jangan Hanya Gaya - gayaan, Website Desa Harus Berkembang

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Universitas Ahmad Dahlan (UAD)  punya komitmen meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dibidang pengetahuan teknologi informasi. Hal tersebut sangat penting dilakukan  mengingat pola hidup hidup masyarakat sehari baik di rumah dan lingkungan kerja tidak bisa lepas dari teknologi. Untuk merealisasikan target tersebut, UAD menggelar pelatihan keterampilan menulis berita di website di Desa Jatiayu Karangmojo Gunungkidul, Selasa-Rabu (9-10/4/2019).

Pengusung Program, Denik Wirawati MPd mengatakan, pengabdian kepada masyarakat non reguler UAD tersebut bertujuan  mendorong perangkat desa bisa  memajukan web di Desa Jatiayu. Oleh karena itu, dengan digulirkannya kegiatan tersebut dapat membangkitkan semangat perangkat desa mengisi berita di web. 

"Harapannya tentu semua perangkat desa bisa memajukan web dengan karya dalam bentuk tulisan," ujar Denik. Selain dikuti perangkat desa, dalam program itu juga melibatkan peserta dari unsur kepemudaan lewat karang taruna. 

Artinya komitmen UAD memberikan pelatihan itu tidak hanya kepada perangkat desa, tetapi dari unsur pemuda sebagai generasi penerus. "Kami memberikan  materi tentang bagaimana cara  penulisan berita di website," ujarnya. 

Dijelaskan,  dalam pelatihan itu ditekankan, agar perangkat desa meningkatkan dalam menulis di website. Sehingga kedepannya bisa lebih berkembang dan maju.  Menurutnya, dalam pengelolaan sebuah website tidak bisa dibebankan kepada salah satu orang. Alangkah baiknya jika dalam pengelolaannya bisa dilakukan bersama - sama meski ada yang tanggungjawab secara khusus.

Dalam pengisian website desa, bisa mengambil materi tentang potensi disebuah wilayah. Termasuk memuat informasi potensi dusun, baik dari aspek kerajinan, kesenian dan kebudayaan, sektor wisata, data kependudukan hingga informasi terkait dengan pembangunan. Sehingga kedepannya keberadaan website tersebut bisa menjadi pijakan pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan disemua aspek kehidupan. 

"Semua potensi di Desa Jatiayu baik itu produk masyarakat, kerajinan dan kesenian dan  wisata serta kondisi geografisnya harus  dimunculkan dalam wibsite," ujarnya.(Roy)