Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Rabu, 10 April 2019 / 14:55 WIB

Lulusan Perguruan Tinggi Harus Jadi Inspirator Jiwa Kebangsaan dan Kemandirian

YOGYA, KRJOGJA.com - Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta mewisuda 926 lulusan dalam prosesi Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode II Tahun Akademik 2018/2019 di Jogja Expo Center (JEC), Rabu (10/4/2019). Wisudawan terdiri 799 lulusan program sarjana dan 127 lulusan program pascasarjana.

Rektor UST Ki Drs H Pardimin MPd PhD mengatakan, para wisudawan telah mengenyam pendidikan di kampus kebangsaan UST yang didirikan Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara, kampus yang berciri khas Pancadharma Tamansiswa. Para Wisudawan/wisudawati adalah 'Dewantara-Dewantara Muda' yang harus dapat mengimplementasikan ajaran Tamansiswa kapanpun dan dimanapun berada.

"Jadilah inspirator dalam menumbuhkan jiwa kebangsaan dan kemandirian yang berhati nurani pada diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Tambahan gelar akademik bukan sekadar kebanggaan, tetapi justru menuntut tanggung jawab ilmiah. Secara imperatif para wisudawan harus dapat 'mencerdaskan dan memberdayakan' agar tercipta kesejahteraan masyarakat yang merdeka lahir batin, tertib dan damai," ujar Rektor UST.

Ketua Pengurus Yayasan Sarjanawiyata Tamansiswa Ki Prof (Emr) Adhi Susanto PhD mengatakan, setelah meninggalkan dunia akademik, para wisudawan akan memasuki kehidupan bermasyarakat yang jauh lebih luas sekaligus menghadapi tantangan yang serba khas di masyarakat. Wisudawan tidak boleh hanya mengandalkan ijasah belaka, tapi kompetensi yang harus terus dikembangkan melalui peningkatkan kemampuan riil dan ketrampilan diri secara lebih kreatif dan inovatif. 

"Sebagai alumni UST, saudara perlu berjuang, mengabdi, mengembangkan secara nyata dengan menggunakan ajaran Ki Hadjar Dewantara sebagai salah satu pegangan dalam mengikuti jejak beliau," tuturnya.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi Program Sarjana adalah 3,94 diraih oleh Siti Nurjanah dari Program Studi Akuntansi, Fakutas Ekonomi UST. IPK tertinggi Program Pascasarjana adalah 3,95 diraih Imam Santosa dari Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Pascasarjana Pendidikan UST. Wisuda periode kali ini cukup membanggakan karena jumlah lulusan berpredikat cumlaude cukup banyak yaitu 240 orang. (Dev)