DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 10 April 2019 / 08:56 WIB

Pelaku Usaha Harus Penuhi Izin Operasi

YOGYA, KRJOGJA.com - Pelaku usaha, perlu memenuhi semua perizinan dalam beroperasi. Termasuk perizinan yang berkaitan dengan lingkungan. Tak hanya membuat izin resmi, pelaku usaha juga harus melakukan pengujian berkala baik air dan udara agar terpantau tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Kasi Penataan dan Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY Tantri Khusniyah mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan bimbingan teknis penegakan hukum lingkungan agar pelaku usaha lebih paham kewajiban mereka sebelum melaksanakan usaha. Pengajuan izin, lanjut Tantri, termasuk izin lingkungan terkait dengan usahanya. Seperti kesepakatan dalam pengelolaan limbah yang dihasilkan.

”Kalau rumah sakit harus mengolah limbah domestik dan infeksius. Selama ini kami selalu melakukan pengawasan dan akan melihat izinnya,” ujar Tantri usai Bimbingan Teknis Penegakan Hukum Lingkungan.

Selain mengurus izin, pelaku usaha juga harus melakukan pengecekan berkala. Hasil pengecekan pada air dan udara ini harus rutin dilaporkan ke Dinas Lingkungan tingkat kabupaten.

Sementara itu Kasubdit IV Tipiter Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda DIY AKBP Donny Siswoyo menambahkan, biasanya laporan yang masuk ke Polda DIY biasanya berasal dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pecinta dan pemerhati lingkungan. Biasanya yang dilaporkan perusahaan-perusahaan baru yang belum mengantongi izin lingkungan sesuai ketentuan.

”Tiap laporan tentu kami tindaklanjuti. Sekitar dua atau tiga tahun lalu ada perusahaan produksi kayu lapis yang tidak punya izin lingkungan dan limbahnya mencemari lingkungan,” ungkap Donny Siswoyo.

Tiap laporan terkait izin lingkungan selalu ditindaklanjuti petugas. Proses lanjut hingga ke pengadilan. ”Jika dari hasil penyelidikan tidak punya izin kan unsurnya masuk dan bisa diproses hingga ke pengadilan,” pungkasnya. (R-2)