Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Selasa, 09 April 2019 / 22:10 WIB

Keren.. Daun dan Buah Jeruk Nipis Bisa Dijadikan Pestisida Alami

HOBI berkebun di tanah pekarangan? Kurang dana untuk menjaga kesehatan tanaman? Ternyata, banyak bahan alami yang murah dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan tanaman.

Beragam jenis tanaman baik daun mau pun buahnya bisa dijadikan pestisida untuk mengusir hama pengganggu tanaman. Salah satunya jeruk nipis.

Dikutip dari pertanianku.com, pestisida yang dibuat dari jeruk nipis ini berguna khususnya untuk mengusir lalat buah yang menyerang buah/daun pada tanaman kesayangan. Dengan kata lain, jeruk nipis dapat dijadikan pestisida untuk mencegah serangan hama leaf minner.

Lalat atau pun serangga lainnya yang hinggap di daun tanaman akan meletakkan belatung telur yang menyebabkan tanaman rusak.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi hama tersebut? Salah satunya dengan menggunakan pestisida alami menggunakan jeruk nipis. Berikut ini cara pembuatannya:

Bahan-bahan

20 lembar daun jeruk nipis yang sudah ditumbuk
5 buah jeruk nipis yang sudah diperas
3 sendok makan molase
4 liter air bersih
2 sendok EM4 (mikroorganisme aktif)

Cara membuat

Campurkan bahan-bahan di atas, campur menjadi satu kemudian diaduk sekitar 4—5 menit sehingga nantinya menjadi larutan yang homogen. Selanjutnya, masukkan semua larutan ke wadah tertutup dan biarkan terfermentasi selama 4—5 hari.

Ada pun cara pengaplikasian kepada daun atau buah, untuk pemakaian 2 sendok makan pestisida alami ini, larutan dicampurkan dengan menggunakan 1 liter air. Selanjutnya, pestisida alami ini sudah bisa digunakan untuk disemprotkan pada buah yang berukuran pentil agar dapat mengusir lalat buah. Selamat mencoba! (*)