DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 08 April 2019 / 10:37 WIB

Disbud Gunungkidul Gelar Pelatihan Macapat

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul menggelar pelatihan macapat di tiga kecamatan. Kegiatan untuk melestarikan unsur bahasa dan sastra ini digelar di Kecamatan Panggang, Karangmojo dan Kecamatan Nglipar.

“Untuk pelatihan macapat ini menyasar Desa Bejiharjo, Desa Girisekar dan Desa Kedungkeris. Pelatihan ini dilakukan baik pemberian teori dan praktek,” kata Kepala Bidang Sejarah Bahasa dan Sastra Disbud Gunungkidul, Sigit Pramudiyanto SIP MM, Senin (08/04/2019).

Kedepan rencananya pelatihan ini tidak hanya menyasar usia tua, tetapi juga generasi muda. Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul Drs Agus Kamtono MSi menambahkan, memang ke depan akan dilakukan pelatihan macapat menyasar pelajar mulai dari SD hingga SMA.

Bahkan akan diselenggarakan  Gelar Macapat di Bangsal Sewakapraja. Serta tentunya digelar lomba macapat untuk tingkat kabupaten. “Potensi macapat di Gunungkidul cukup luar biasa. Melalui regenerasi tentunya akan mampu dilestarikan dan ditingkatkan,” jelasnya. (Ded)