Jateng Editor : Ivan Aditya Senin, 08 April 2019 / 09:19 WIB

Caleg DPRRI Bikin Meriah Pasar Kaget Tugu Tani

KENDAL, KRJOGJA.com - Pasar Kaget Tugu Tani hanyalah pasar yang ada pada setiap hari Minggu di Desa Sendangdawung Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Di jalan desa yang menghubungkan dua kecamatan yaitu Kangkung dan Rowosari tersebut terdapat sebuah tugu yang diatasnya terdapat patung petani.

Warga bisa menikmati jajanan tradisional sambil memandang hamparan sawah yang hijau, saat berkunjung ke Pasar Kaget Tugu Tani tersebut. Sambil melihat pemandangan hamparan sawah dan pegunungan di selatan Kendal, masyarakat bisa menikmati jajanan tradisional yang disajikan sejumlah pedagang.

Yang menjadi unik jajanan tradisional ini hanya dijajakan setiap hari Minggu di sepanjang jalan Desa Sedang Dawung. Pasar Kaget Tugu Tani ini selain menjajakan makanan tradisional juga banyak pedagang sayuran dan pakaian mencoba menawarkan dagangannya di pasar kaget ini.

Pasar Kaget Tugu Tani yang baru pertama dibuka disambut antusias warga yang ingin menadapatkan makanan tradisional yang sudah jarang didapatkan. Selain bisa mendapatkan jajanan tradisional warga juga bisa menikmati sejukanya udara  sambil melihat pemandangan hamparan sawah yang hijau.

Berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya, Minggu (07/04/2019) ada pemandangan berbeda, pasalnya ada acara jalan sehat dan senam bersama yang mendatangkan Caleg DPRRI yang saat ini masih menjabat yaitu Juliari P Batubara. Saat ditemui KRJOGJA.com, Juliari menjelaskan kegiatan jalan sehat hanya meramaikan keramaian pasar kaget yang sudah menjadi salah satu icon di kendal.

“Kami mencoba meramaiakan tradisi pasar kaget dengan acara jalan sehat dan juga senam untuk menambah hiburan dan kegiatan masyarakat sembaru melakukan sosialisasi,”ujar Juliari.

Sementara itu penggagas sekaligus penyelenggara jalan Sehat dan Senam Geminiantoro Raharjo atau akrab disapa Gemini melihat pasar kaget ini merupakan kegiatan berwirausaha yang ide awalnya sangta gemilang. “Pasar kaget ini merupakan ide cerdas dan patut di apresiasi, meski ditengah desa namun pengunjung ramai dan perekonomian baru tercipta, harapan saya bisa membuat desa yang lain segera terwujud dan membuat kegiatan serupa,” ujar Gemini.

Meski bukan asli Kendal pihaknya akan memberikan sumbangsih pikiran untuk kemajuan terutama untuk kegiatan ekonomi desa dengan mengandeng anggota DPR RI dalam hal ini Juliari P Batubara. Yunita Dwi Sukowati juga mengatakan hal yang sama, sebagai salah satu Calon Legislatif dari PDI Perjuangan merasa perlu untuk membantu menumbuhkan perekonomian baru jika dirinya terpilih dan dipercara duduk di Dewan Kabupaten Kendal.

“Pasar kaget TuguTani ini jika dikembangkan bisa menjadi pasar minggu pagi yang besar setingkat dengan daerah perkotaan, dan ini akan menumbuhkan perekonomian baru,” ujar Yunita. (Ung)