Wisata Editor : Danar Widiyanto Senin, 08 April 2019 / 08:10 WIB

Ingkung dan Mides, Bukan Hanya Kuliner Tapi Juga Daya Tarik Wisata Bantul

FESTIVAL ingkung ayam kampung dan mides di Pantai Parangkusumo Parangtritis, Kretek, Bantul menjadi program paling efektif mendukung sektor wisata di Bantul. Dari kegiatan itu, banyak usaha kuliner menu ingkung dan mides di Bantul makin maju. Sejauh ini, dua menu tersebut menjadi ikon terbaru yang mampu mengangkat daerah masing - masing. 

Kepala Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo didampingi Kepala Bidang Pemasaran, Ni Nyoman Yudiriani mengatakan, festival dua menu unggulan Bantul tersebut sebagai upaya Dinas Peristiwa Bantul mendongkrak agar lebih dikenal khalayak. Harapannya , kedepannya tidak sekedar menjadi menu untuk dikonsumsi.  Tetapi bagaimana agar pusat mides di Srihardono Pundong dan Gowosari, Pajangan jadi komoditas wisata. "Sekarang ini muncul fenomena pusat kuliner menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi masyarakat," ujarnya.    

Kegiatan itu cukup mudah  dalam mempopulerkan menu kuliner khas Bantul.  "Dinas Pariwisata mencoba mensinergikan sektor pariwisata dan pelaku usaha. Bantul memiliki potensi kuliner sangat menjanjikan yang sangat khas sebagai produk Bantul yakni ingkung ayam kampung dan mides," ujar  Kwintarto Heru Prabowo, di sela kegiatan festival ingkung dan mides di Pantai Parangkusumo, Minggu (7/4/2019).

Dijelaskan ingkung ayam kampung merupakan menu olahan tradisional khas Kabupaten Bantul yang awalnya dirintis  di daerah Desa  Gowasari, Kecamatan  Pajangan.  Sedangkan mides menu Srihardono Pundong Bantul.  Ingkung dan mides menjadi satu potensi kuliner yang bakal dipromosikan untuk menjadi daya tarik wisatawan. Memang sudah banyak diproduksi, tetapi induknya, yang ingkung dan mides bisa dibranding sebagai kuliner asli dari Kabupaten Bantul.   

Anggota Komisi B DPRD Bantul, Suradal mengatakan, baik ingkung dan mides layak menjadi menu khas Bantul. Bahkan keduanya bisa dijadikan komoditas wisata khas Bantul. Politisi PKB ini tetap berusaha mendorong pemerintah Bantul  punya komitmen dalam memajukan sektor wisata dan kuliner.(Roy)