Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 07 April 2019 / 09:55 WIB

Gandeng MAS Group, Pelni Corner Diresmikan

JAKARTA,KRJOGJA.com - Rumah Sakit (RS) Pelni dan MAS Group PT Rajatani Agro Nusantara  berkolaborasi  membuat toko buah, bunga, sayuran segar  dan minuman kopi. Toko yang diberi nama Pelni Corner.Buah-buahan kelas premium yang disajikan  distribusinya langsung dari petani
 
“Buah-buahan segar, bunga dan minuman kopi yang berasal dari berbagai daerah di tanah air ini mengatakan bahwa pihaknya menyajikan kualitas buah premium yang dipasok langsung oleh petani,” kata CEO & Founder MAS Group PT Rajatani  Agro Nusantara Anne Sri Arti, di Jakarta.
 
Dijelaskan,  selama ini petani yang memasok ke fresh market harus melalui pengepul, tengkulak, perantara sehingga mata rantai menjadi panjang. Menurutnya,  perusahaannya memiliki misi menjadikan para petani sebagai entrepreneur karena itu setiap masuk ke satu wilayah maka yang dibangun adalah demplot atau disebut demontration plot.
 
“Demplot ini  suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan,” tambahnya.
 
Saat ini lima perusahaan yang dipimpinnya di bawah MAS Group, PT Rajatani Agro Nusantara memiliki dua toko buah premium di RS Pelni dan Radar Auri, Jakarta serta 43 lapak yaitu di Pasar Induk Kramat Jati dan pasar-pasar lainnya untuk menyerap hasil petani binaan MAS.
 
“ Di Pasar Induk dan lapak buah yang ada kami memasarkan grade dua sementara yang premium disebar ke berbagai super market menengah atas sehingga terjamin pasarnya petani dan kondisi buah segarnya. Di Pelni Corner kami juga menjual buah potong dari buah yang masih segar dan kualitas premium sehingga jika dimakan langsung atau dibuat juice rasanya masih segar,” tegasnya.
 
Pelni Corner dan toko buah milik Rajatani sendiri memiliki konsep pemberdayaan ekonomi karena dipasok langsung oleh para petani. Bahkan para karyawan dan wadah buah maupun bunga merupakan hasil karya anak-anak petani.
 
“Di demplot kami membina petani dan keluarganya sehingga karyawan toko buah Pelni Corner adalah anak petani dari Cirebon. Sedangkan wadah tanaman kaktus adalah gerabah yang dilukis oleh anak-anak petani lainnya sehingga mereka bisa punya uang jajan sendiri dan menambah biaya sekolah,” kata Anne Sri Arti seraya menambahan saat ini RS Pelni dipimpin oleh Arighi Gerauldi yang tak lain putri sulungnya dan saat ini menempuh pendidikan di S2 double degree di Universitas Indonesia. (Lmg)