DIY Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 05 April 2019 / 18:23 WIB

Polisi Ringkus Residivis Curat Modus Pecah Kaca

SLEMAN.KRJOGJA.com - Polsek Ngaglik bersama Polres Sleman dibantu jajaran Polda DIY meringkus pencuri barang milik orang lain di dalam mobil dengan cara memecah kaca. Tersangka MA alias Jonathan (40) melakukan aksinya di Dusun Ploso Kuning Minomartani Ngaglik pada Senin (11/03/2019).

Penangkapan bermula saat petugas gabungan Polda DIY, Opsnal Sub Unit 1 Polres Sleman, dan Opsnal Reskrim Ngangglik melakukan penyelidikan pada 1 April 2019. Selanjutnya, tanggal 3 April tepatnya pada pukul 02:00 dini hari, pelaku sudah berhasil ditangkap di tempat kosnya di Salatiga Jawa Tengah.

"Setelah tim gabungan mendapat titik terang keberadaan tersangka, akhirnya berhasil diamankan beserta barang bukti yang diamankan adalah alat alat yang dipakai seperti obeng. Termasuk sepeda motor saat beraksi," tutur AKBP Yuliyanto kepada para wartawan, Jum'at (05/04/19). 

AKBP Yuliyanto menambahkan aksi curat dengan modus memecahkan kaca mobil oleh tersangka dilakukan sangat cepat. Kurang dari dua menit MM sudah berhasil memecah kaca mobil para korban. "Yang di Ngaglik itu tersangka mengambil barang seperti ada tas dengan uang Rp 5,2 juta, ponsel. Jadi aksinya itu pakai obeng sehingga kacanya berhasil dipecahkan. Bahkan,  dalam satu tkp ada dua mobil yang jadi korban," tambahnya.

AKBP Yulianto menambahkan MM sendiri adalah orang Semarang namun menyasar  Yogyakarta. Bahkan, tersangka seorang residivis karena pernah mendekam di sel tahanan Polres Bantul. "Di semarang juga ada perbuatanya. Memang saat ini yang bersangkutan baru mengakui di Yogyakarta. Belum ada yang lain, namun akan tetap mengembangkannya," tambah Yuliyanto.

Tersangka sendiri mengaku terpaksa melakukan perbuatan akibat terdesak kebutuhan ekonomi karena pekerjaan usaha sebagai tenaga pemasang wallpaper lagi sepi. Kini, harus mempertanggungjawabkan perbutannya dan terancam dijerat Pasal 363 KUHP pidana ancaman hukuman maksimal 7 tahun. (Ive)