DIY Editor : Danar Widiyanto Jumat, 05 April 2019 / 13:31 WIB

Jogja Bike Bisa Jadi Contoh Kota Wisata Lain

YOGYA, KRJOGJA.com - Jajaran Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappernas) mengunjungi kawasan Malioboro untuk mendalami lagi proses  pembangunan di Kota Yogya serta memahami lebih dalam terkait inovasi yang dilakukan. Salah satunya yang jadi perhatian adalah Jogja Bike di kawasan Malioboro sepeda gowes yang menjadi perhatian wisatawan.

"Tanggapan kami dari Jogja Bike Malioboro kelihatannya memang jauh berubah dibanding sebelum sebelumnya, perkembangan Malioboro begitu pesat saat ini. Pesatnya berubah menjadi lebih baik, apalagi sekarang di tambah dengan adanya fasilitas sepeda yg sangat positif. Ini tentunya sangat membantu dalam sisi lingkungan maupun kesehatan," tutur Medrilzam direktur lingkungan hidup Bappenas, Jumat (5/4/2019). 

Menurutnya, kehadiran Jogja Bike semakin menjadikan Yogja tempat wisata yang sangat positif dan ini bisa ditiru oleh kota-kota lainnya. "Kami melihatnya ini merupakan progres yang cukup baik dalam hal pembangunan. Dan sekiranya ini harus dikembangkan terus apalagi di Kota Wisata seperti Yogja," tambahnya.

Namun diluar itu, pihaknya juga menyarankan untuk menambahkan atribut atau keamanan yang dapat mereka gunakan ketika bersepeda dijalanan. Meskipun sepeda, namun keselamatan penggguna juga harus tetap diperhatikan. Mengenai hal itu, pihak Jogja Bike juga sangat menerima masukan saran dari Bappernas untuk terus memberikan yang terbaik dan mendukung kemanan bagi setiap pengendara.

"Selama ini memang sudah masuk ke wacana kami tentang kelengkapan penggunaan sepeda. Tentunya tersuport oleh infrastruktur yang ada jadi kan sebenarnya sepeda ini menghubungkan dari satu tempat wisata yang bersambung ke tujuan lain. Jadi masukan dari bapernas terimaksih kami tentunya akan tindaklanjuti," pungkas Rida Deputi CEO Jogja Bike.(Ive)