Gaya Hidup Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 05 April 2019 / 06:56 WIB

Rider Pertamina Enduro Dokumentasikan Keindahan Indonesia

YOGYA, KRJOGJA.com - Enam rider yakni Yudi Kusuma (Jakarta), Dany Ady Prasetyo (Sidoarjo), Aziz Majid Jauhari (Kulonprogo), Adnan Mubharok (Garut), Rizal Fahmi Muhammadi (Blitar) dan Stephen Langitan (Jakarta) sedang dalam misi menjelajahi 5.000 kilometer dari Sabang hingga finish di Gresik.

Kamis (4/4/2019) malam, keenam rider tersebut singgah di Yogyakarta untuk berbagi cerita dengan beberapa komunitas motor. Stephen Langitan yang juga tour leader mengungkap timnya melewati berbagai rute dari Sabang hingga tiba di Yogyakarta. Tantangan seperti hujan dan panas menurut dia berhasil dilewati dengan bonus landscape indah dan budaya beragam dari lokasi persinggahan selama perjalanan.

“Kami pilih bukan rute umum, dari start di Aceh hingga saat ini ya banyak yang belum pernah dilewati teman-teman rider. Kita dilepas masing-masing, jadi bisa eksplorasi banyak hal, yang penting sampai titik poin tepat waktu. Di Bukit Barisan misalnya, kita dengar suara gajah dan sempat cari juga di mana lokasinya. Ada pengalaman eksplorasi alam dan budaya Indonesia,” ungkapnya dalam bincang di Den Nany Resto Jalan Taman Siswa.

Stephen dan rombongan yang mengusung tagline Enduro Touring Go Out Adventure telah menempuh perjalanan melalui Medan, Padang, Bengkulu, Lampung, Bandung dan juga Yogyakarta dengan jarak telah yang tercatat 4.800 kilometer. Seturut rencana nantinya akan mencapai finish pada 6 April 2019 di Production Unit Gresik (PUG) PT Pertamina Lubricants, Jawa Timur dengan estimasi total waktu perjalanan 29 hari dibagi dalam 6 etape perjalanan.

Berbagai pengalaman suka dan duka dirasakan Stephen dan kawan-kawan mulai melalui rute ekstrim yang tak biasa untuk motor hingga melewati kawasan-kawasan yang beraorma mistis. Di Kerinci misalnya, tim sempat menemui wewangian kayu manis yang menurut warga setempat adalah berasal dari makhluk tak kasat mata.

“Rute kali ini ekstrim dan tak biasa dilewati kendaraan bermotor namun ternyata kami melihat Indonesia jauh lebih indah, banyak potensi wisata alam untuk dikembangkan karena saya biarkan lima rider lainnya untuk eksplore banyak lokasi dan diabadikan menggunakan foto, video maupun tulisan. Ada mistisnya seperti di Kerinci, tapi itu hal menarik yang jadi pengalaman berharga,” sambungnya.

Stephen Langitan sendiri sebelumnya juga telah menyelesaikan perjalanan Jakarta London sejauh 30 ribu kilometer melintasi 22 negara. Ia berpetualang menguji oli Pertamina Enduro yang ternyata sukses dilewati tanpa halangan.

Sementara Syafaat Jajuli, Brand And Communication PT Pertamina Lubricant menambahkan secara khusus selain menguji kemampuan oli Pertamina Enduro, enam riders yang melakukan perjalanan Sabang-Gresik memang dijadikan agen pendokumentasi keindahan bentang alam Indonesia. Enam riders tersebut berasal dari berbagai kalangan yang semuanya memiliki konsern di sosial media sehingga diharapkan mampu menyampaikan pesan pada generasi milenial.

“Kami berharap perjalanan ini bisa menginspirasi generasi milenial, baik secara edukasi turing yang safety juga memperlihatkan bahwa ada dunia yang sangat indah di Indonesia. Negara kita sangat luas dan layak untuk dijelajahi, dengan kata lain teman-teman ini jadi duta keindahan alam bangsa kita,” tandasnya. (Fxh)